649 Kali

SAMARINDA, KOMINFONEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Samarinda menyelenggarakan "Pasar Tani dan Bazar Pangan". Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Samarinda, Selasa (02/04/2024) dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Samarinda (Wawali) Dr H Rusmadi Wongso.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Samarinda Drs Muhammad Darham MSi, kegiatan Pasar Tani dan Bazar Pangan akan berlangsung sejak hari ini 2 April sampai dengan besok 3 April 2024. Kegiatan ini melibatkan petani dan UMKM lokal.


Atas nama Pemkot dan warga Samarinda, Wawali Rusmadi menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan yang merupakan hasil kolaborasi dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas UMKM dan Koperasi, Dinas Perikanan, Perumda Varia Niaga serta kepada semua pihak yang terlibat.

Rusmadi juga mengungkapkan kebanggaannya, dimana kegiatan Pasar Tani dan Bazar Pangan ini menyajikan hasil panen dan produksi UMUM lokal. Menurutnya hal tersebut sangat bagus ditengah kondsi negara yang terus berjuang mempertahankan nilai inflasi agar dapat stabil diposisi aman, sesaui target dari pemerintah pusat.


Ia menambahkan, keberhasilan panen oleh petani lokal serta kemampuan UMKM lokal untuk terus berproduksi ditengah kondisi inflasi yang tidak hanya melanda Indonesia, tetapi juga melanda negara-negara di dunia, menjadi kekuatan tersendiri bagi daerah dalam menjaga stabilitas perekonomian dan menekan nilai inflasi sesuai target.

Amannya ketersediaan stok, akan membuat harga pasar menjadi stabil bahkan cenderung terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Kondisi seperti ini tentu menjadikan suasana sangat nyaman, kondusif serta aman terkendali. Hal demikian akan berpengaruh positif terhadap kelancaran kegiatan pembangunan Kota Samarinda.


Rusmadi mengharapkan kegiatan-kegiatan sejenis dapat terus dilakukan secara periodik, tidak hanya dilaksanakan dalam menghadapi situasi-situasi tertentu saja. Sebab adanya kegiatan semacam ini yang melibatkan petani, peternak dan pengusaha lokal, maka akan membantu meningkatkan penghasilan mereka. Disisi lain, masyarakat umum sebagai konsumen pun akan mendapatkan harga produk yang terjangkau.

Usai menyampaikan sambutan serta membuka secara resmi kegiatan Pasar Tani dan Bazar Pangan, Wawali Rusmadi pun berkeliling meninjau stan yang menjual berbagai produk. Ada sayur-mayur, ikan, telur, beras, berbagai olahan camilan/jajanan dan lain-lain. (MAF/KMF-SMR)


Kadis Kominfo Buka Puasa Bersama APJII, Aji : Internet Membangun Kota Berdaya Saing di Bidang Teknologi Informasi

Berita Sebelumnya

Wawali Taping Dialog Bersama TVRI Bahas Urbanisasi Musiman Pasca Lebaran

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar