276 Kali

SAMARINDA.KOMINFONEWS - Untuk  pencapaian visi, misi dan arah Pembangunan Daerah  tahun 2025-2045 Pemerintah  Kota (Pemkot) Samarinda melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan, Riset, dan Inovasi Daerah (BAPPERIDA) Kota Samarinda menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Samarinda tahun 2025-2045.

Musrembang RPJPD 2025-2045 dibuka secara langsung oleh Walikota Samarinda Dr. H. Andi Harun di Hotel Mercure Jl. Mulawarman Samarinda. Kamis (18/4/2024).

Walikota Samarinda Dr. H. Andi Harun dalam sambutannya mengatakan pentingnya RPJPD sebagai penjabaran dari visi, misi, arah kebijakan, dan sasaran pembangunan jangka panjang daerah untuk periode 20 tahun ke depan. 


Forum Musrenbang ini bukan hanya sebagai media penyusunan rencana pembangunan, tetapi juga sebagai wadah pembentukan komitmen seluruh stakeholder di Kota Samarinda untuk mewujudkan visi Kota Samarinda sebagai pusat peradaban berbasis perdagangan dan jasa yang maju dan berkelanjutan."tegas Andi Harun.

"Visi ini mencerminkan komitmen untuk menjadikan Samarinda sebagai kota yang unggul dalam sumber daya manusia, perekonomian, tata kelola, dan infrastruktur, serta melengkapi peran sebagai Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai pusat superhub ekonomi,"ujarnya.

Isu strategis dalam Rancangan RPJPD Samarinda tahun 2025-2045 mencakup penguatan daya saing sumber daya manusia, pembangunan perekonomian yang inklusif dan berkelanjutan, peningkatan konektivitas dan aksesibilitas antar wilayah, peran Kota Samarinda sebagai Ibu Kota Provinsi dan daerah yang berdampingan dengan IKN, penguatan sosial budaya, reformasi birokrasi, pengelolaan lingkungan berkelanjutan, serta pengembangan TRI-CITY.


"Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, termasuk Camat, Lurah, dan Kepala Perangkat Daerah, yang telah berpartisipasi dan memberikan masukan dalam forum Konsultasi Publik RPJPD kota Samarinda tahun 2025-2045, melalui kuesioner sebagai bagian dari proses penyusunan rencana pembangunan.

Dalam forum Musrenbang RPJPD Kota Samarinda tahun 2025-2045, disampaikan pula permasalahan dan isu daerah jangka panjang serta kebijakan pokok pembangunan yang akan dituangkan dalam RPJPD Kota Samarinda tahun 2025-2045. "harap Andi Harun 

"RPJPD ini akan menjadi tolak ukur bagi proses penyusunan rancangan teknokratik RPJMD Kota Samarinda tahun 2025 – 2029, serta menjadi acuan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Samarinda tahun 2025, "pungkasnya.(Eko/kmf-smr)

Sambut Bupati Morowali Utara, Wali Kota Andi Andi Harun Bocorkan Ilmu Tingkatkan PAD

Berita Sebelumnya

PPPSI Prov. Kaltim Rembuk Bersama Wawali Dalam Rangka Persiapan Pembentukkan PPPSI Kota Samarinda

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar