609 Kali

SAMARINDA.KOMINFONEWS — Wali Kota Samarinda Andi Harun  melepas kegiatan mengarak Ogoh-Ogoh untuk merayakan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946 di Pura Jagat Hita Karana, Jalan Sentosa, Sungai Pinang Dalam, Kota Samarinda, Minggu (10/3/24) sore

"Dengan menjalankan rangkaian Nyepi ini, umat Hindu memberikan jeda waktu kepada alam semesta untuk menata kembali keseimbangannya, memuliakan alam, dan juga akan memuliakan harkat dan martabat kemanusiaan kita,” ucap Andi Harun dalam sambutannya.


Menurut Andi Harun, Perayaan Nyepi kali ini tidak hanya sekadar ritual, namun juga mencerminkan kesadaran akan pentingnya menjaga alam dan keharmonisan. 

"Hari ini kita semua akan mengarak Ogoh-Ogoh, sebagai prosesi penting dalam ritme dan rangkaian peringatan Hari Raya Nyepi. Ogoh-ogoh mencerminkan sifat manusia yang negatif. Ogoh-Ogoh juga mengandung makna untuk mengekspresikan nilai-nilai religius dan ruang-waktu sakral berdasarkan sastra-sastra agama,” tegas Andi Harun.


Andi Harun juga memaparkan peran pemerintah dalam mendukung dan mengapresiasi perayaan Hari Nyepi tahun ini.

"Pemerintah Daerah memberikan apresiasi kepada umat Hindu yang melangsungkan perayaan ini dan mengucapkan selamat memperingati Hari Nyepi dengan menata perilaku dan sikap kita terhadap alam, sesama, dan pencipta," ucap Wali Kota.

Dikatakannya, Pergantian Tahun Baru Saka bukan hanya sekadar pergantian kalender, tetapi juga momentum untuk mempererat kebersamaan dan keharmonisan di antara masyarakat. 


"Pergantian Tahun Baru Saka dapat memberikan vibrasi positif bagi kita, untuk bersama-sama memberikan keharmonisan, kedamaian, dan kesejahteraan bukan hanya untuk umat Hindu, tetapi juga seluruh masyarakat di Kota Samarinda," tutur Wali Kota.(DON/KMF-SMR)

Rusmadi Resmikan Pasar Ramadhan di Masjid Jami Jabal Nur Samarinda

Berita Sebelumnya

Resmikan Masjid Al-Muchyar, Wawali Harap Kota Samarinda Jadi Baldatun Toyyibatun Wa Robbun Ghofur

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar