226 Kali

SAMARINDA, KOMINFONEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda melalui Inspektorat Kota Samarinda menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (Probebaya) untuk ketua dan bendahara Kelompok Masyarakat (Pokmas) se-Kota Samarinda. Kegiatan dilaksanakan di Aston Grand Ballroom lantai 17 Aston Hotel, jalan Pangeran Hidayatullah Kelurahan Pelabuhan Kecamatan Samarinda Kota.

Acara yang berlangsung pada Rabu (08/05/2024) dimulai sejak pukul 09.00 WITA dan dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda, Ir H Hero Mardanus Satyawan MT yang juga mewakili Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun.

Hadir pula Asisten II dan III (Sekda) Kota Samarinda, Sam Syaimun SE ME Bersama Dr H Ali Fitri Noor MM. Selain itu juga hadir para kepala perangkat daerah, camat dan lurah se-Kota Samarinda. Bimtek ini diikuti oleh peserta yang merupakan ketua dan bendahara Pokmas se-Kota Samarinda.


Dalam sambutan Wali Kota Samarinda yang dibacakan oleh Sekda, diawali dengan ucapan terima kasih kepada seluruh perangkat paerah dan elemen masyarakat yang telah melaksanakan kegiatan pembangunan masyarakat di tingkat kelurahan berbasis wilayah Rukun Tetangga (RT), sebagai upaya mewujudkan kemampuan dan kemandirian masyarakat dalam pembangunan infrastruktur, peningkatan ekonomi masyarakat dan sosial kemasyarakatan, sejak tahun 2022 hingga saat ini dengan sebaik-baiknya.

Kembali di tahun 2024 ini, Probebaya yang menjadi salah satu dari 10 program prioritas Pemkot Samarinda, saya pastikan terus berlanjut.

Sebagai salah satu kota penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) sekaligus etalase, dan bagian dari superhub Kalimantan Timur, Samarinda mutlak harus mengakselerasi Probebaya sebagai bentuk komitmen penataan perkotaan, dan pelayanan publik yang professional, demi kesejahteraan masyarakat. Selain sebagai jawaban atas isu penting soal pemerataan pembangunan, Probebaya ini juga saya inisiasi agar konsep pembangunan tidak hanya top down (dari atas ke bawah) tetapi juga dari bawah ke atas, yakni berangkat dari aspirasi masyarakat.


Oleh karena itu, Probebaya harus benar-benar dari, oleh, dan untuk masyarakat. Dengan demikian, pelaksanaannya juga harus betul-betul menggunakan sistem swakelola dengan melibatkan masyarakat setempat. 

Dalam kesempatan ini, saya mengharapkan seluruh Camat, Lurah, ketua RT, dan tenaga pendamping Probebaya, bisa meningkatkan kualitas program PROBEBAYA, sesuai dengan wilayahnya masing-masing, serta harus siap berkomitmen penuh mendukung dan memantapkan pelaksanaan Probebaya, yang menjadi salah satu dari 10 program unggulan Wali Kota Samarinda bersama Wakil Wali Kota, serta memberikan kontribusi yang nyata bagi pembangunan Kota Peradaban.

Selesai membacakan sambutan Wali Kota, Hero Mardanus pun menyatakan pelaksanaan kegiatan "Bimtek Probebaya untuk Ketua dan Bendahara Pokmas tahun 2024" dimulai.

Sebagai tambahan informasi, Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan akurasi pencapaian sesuai target dari Probebaya. Para ketua dan bendahara Pokmas akan mendapatkan infomasi dan bimbingan dari para narasumber, sehingga nantinya dapat benar-benar memahami fungsi dan tugasnya serta program apa saja yang sesuai dengan Probebaya. (MAF/KMF-SMR)


Gencarkan Gebyar NIB Demi 10.000 Wirausaha Baru

Berita Sebelumnya

Rapat Bersama BPJS, Pemkot Komitmen Lakukan Data Ulang Warga Samarinda PBI JK

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar