390 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun secara  resmi melantik pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Samarinda periode Tahun 2021-2026 dan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kota Samarinda masa jabatan Tahun 2022-2025 di halaman Anjungan Karangmumus Balai Kota Samarinda, Rabu (27/03/2024) sore.

Tujuannya tentu saja agar dapat mengumpulan zakat yang optimal di Samarinda, terwujudnya profesi amil zakat nasional yang kompeten, berintegritas dan sejahtera dan sebagai canter of excellence pengelolaan zakat dunia. 

Orang nomor satu di Samarinda ini mengatakan bahwa untuk mereka yang telah dilantik agar mampu dan cakap untuk melaksanakan tugas dalam pengabdian ini,  dengan penuh rasa tanggung jawab.

"Saya mengucapkan selamat kepada Pimpinan Baznas Kota Samarinda yang baru saja dilantik, semoga dengan ini kinerja Baznas dapat lebih ditingkatkan lagi sehingga keberadaannya senantiasa dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat," ujar Wali Kota.


Ia juga mengharapkan wujudnya Baznas adalah sebagai suatu Lembaga pemerintah nonstruktural di bawah naungan Kementrian Agama yang merupakan instrument untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat yang dikeluarkan oleh masyarakat, khususnya umat Islam, serta juga dapat meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan, khususnya di Kota Samarinda.

"Saya menyatakan dalam kesempatan ini bahwasanya zakat merupakan salah satu instrumen kunci dalam menumbuhkan dan meningkatkan perekonomian," ucapnya. Karena selain dapat membantu beban Pemerintah dalam menangani masalah-masalah sosial, secara tidak langsung zakat dapat membantu APBN dan APBD. 

Karena menurut hasil kajian telah menunjukkan bahwa secara umum lahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat sangat berperan dalam Pengembangan dan Pemberdayaan Zakat.


Oleh sebab itu AH (sapaan akrab Wali Kota Andi Harun) meminta untuk terus melakukan inovasi-inovasi untuk kerja-kerja nyata dalam rangka pengentasan kemiskinan, dan juga meningkatkan kesejahteraan. 

"Program-program yang lama terus dievaluasi dan dikembangkan dengan bersinergi bersama program pemerintah." Demikian Andi Harun (BAR/JIR/KMF-SMR)


Berzakat dan Berbuka Puasa Bersama Pegawai Pemkot, Wali Kota Umumkan Tambahan THR Bagi Pegawai Honorer

Berita Sebelumnya

Safari Ramadhan Hari ke - 15 Pemkot Samarinda, Andi Harun Imami Shalat Maghrib di Masjid As-syifa Jalan Kakap

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar