517 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun mengatakan setiap komunitas, apapun itu bentuknya, lahir untuk menjawab atau memfasilitasi kebutuhan sekelompok individu pada suatu masa. Mereka adalah orang-orang yang percaya, bahwa dengan bersatu dan bergerak bersama, maka cita-cita atau tujuan besar yang ingin diraih memiliki potensi lebih besar untuk dapat terwujud.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri Pengukuhan dan Pelantikan pengurus Paguyuban Keluarga Kediri (Pagari) di Gedung Pencak Silat, Jalan AW. Syahranie, Gang Respen Folder Air Hitam Samarinda. Minggu (3/3/2024).

"Adapun kunci langgengnya eksistensi sebuah komunitas, terletak pada bagaimana ia dapat tetap relevan dengan kebutuhan anggotanya (internal), dan dengan kebutuhan lingkungan fisik dan sosialnya (eksternal). Mengapa relevansi eksternal juga penting, sebab perlu disadari, bahwa setiap komunitas sesungguhnya merupakan elemen bangsa dan sebagai elemen bangsa, komunitas pun memiliki kewajiban untuk terlibat agar dapat membawa kemaslahatan bagi sebesar-besarnya kemakmuran, kesejahteraan, dan keselamatan bangsa," kata Walikota.


Orang nomor satu di Samarinda ini juga mengungkapkan bahwa keberadaan paguyuban atau komunitas masyarakat juga bukan merupakan hambatan untuk tetap menjalin kebersamaan dengan masyarakat dari komunitas lain. Terlebih dalam upaya mewujudkan agenda pembangunan Pemerintah Kota Samarinda, dimana dalam prosesnya dibutuhkan dukungan dan komitmen yang kuat juga dari semua organisasi masyarakat di Kota Samarinda, termasuk Paguyuban Keluarga kediri di Samarinda. 

"Melalui paguyuban, masyarakat dapat belajar menerima dan menghargai perbedaan-perbedaan yang ada di tengah-tengah masyarakat, agar tercipta harmonisasi yang merupakan modal utama dalam melaksanakan setiap agenda pembangunan," ujar Walikota.

Sebagai organisasi paguyuban, kata Andi Harun, harus betul-betul diarahkan pada kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pelestarian kultur budaya, sehingga menjadi sebuah kohesivitas sosial yang dapat meningkatkan semangat kebersamaan dan persatuan yang kokoh.


"Keamanan dan ketenangan kota kita ini tercipta bukan hanya berkat kerja keras pemerintah saja, tetapi juga kerjasama antar masyarakat baik golongan maupun pribadi. Saya berharap, semoga Paguyuban Kediri di Samarinda ini bisa menjadi media silaturrahmi untuk semua suku, sehingga tercipta kota dengan lingkungan yang aman, nyaman, harmoni dan lestari," ungkap Walikota.

Oleh sebab itu, Andi Harun juga berpesan kepada para pengurus yang baru dilantik agar di dalam menyusun program kerjanya dengan inovatif dan kreatif, serta selalu berkoordinasi dengan pemerintah agar apa yang akan dilaksanakan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat Kota Samarinda.

"Mudahan-mudahan kedepan paguyuban ini mempunyai program khusus agar derajat sosial dan ekonomi warga yang tergabung di dalamnya bisa terangkat dan kemanfaatan organisasi paguyuban betul-betul dirasakan oleh warganya," demikian Andi Harun. (BAR/KMF-SMR)

Malam Pembukaan Rapat Pleno Rekapitulasi tingkat Kota Samarinda, Ketua KPU Serukan Kekompakan

Berita Sebelumnya

Jaga Harga dan Pasokan Kebutuhan Pokok Jelang Ramadan, Wawali Hadiri Launching Kios Sigap di Pasar Segiri

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar