989 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun memberikan respons positif saat mendengarkan presentasi terkait konsep Car Free Day (CFD) yang sudah berjalan selama beberapa pekan belakangan. Ia menyatakan mendukung penuh kegiatan rutin setiap Minggu pagi mulai pukul 06.00 sampai 09.00 WITA yang dipusatkan di Jalan Kesuma Bangsa, depan GOR Segiri Samarinda itu.

"Silakan dilanjut saja sambil dikaji dan menyesuaikan dengan konsep CFD yang sudah berjalan di kota lain. Salah satunya seperti di Kota Makassar yang dipusatkan di Jalan Boulevard. Dilihat sekilas, Jalan Boulevard di Makassar itu hampir sama dengan Jalan Kesuma Bamga di Samarinda yang panjangnya juga sama yakni 700 meter," ungkap Wali Kota usai mendengarkan presentasi konsep dari Dinas Perhubungan (Dishub) dengan didukung segenap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Ruang Rapat Wali Kota Samarinda, Senin (29/1/2024) sore.


Orang nomor satu di Kota Samarinda ini juga menekankan bahwa kegiatan CFD bukan hanya sekadar mengikuti trend yang dilaksanakan di kota lain. Tetapi lebih dari itu, harus bisa memberikan efek positif bagi warga kota ini. Selain suasana udara yang bersih dan ruang berolahraga, juga harus bisa memberikan efek bagi pertumbuhan ekonomi.

"Jadi harus dipadukan, sehingga ada perekonomian masyarakat yang bergerak di situ," tukasnya.

Ia juga meminta agar persoalan sampah juga harus menjadi perhatian serius. Artinya, begitu selesai jam 09.00 WITA, tidak boleh ada sampah ya g tercecer di lokasi tersebut. Untuk itu, sosialisasi dan edukasi juga harus terus diberikan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar bisa memperhatikan serius persoalan ini.


"Silakan dikaji dan dikonsep secara baik. Intinya saya minta supaya dibikinkan konsep CFD yang menarik. Misalkan dengan atraksi atau tontonan yang mendidik masyarakat. Pokoknya buat masyarakat itu berkesan setiap kali berkunjung ke lokasi CFD," tandas Wali Kota. (HER/KMF-SMR)

Realisasi Pendapatan Daerah Kota Samarinda Lampaui Target, PAD Tembus Rp 856 Miliar

Berita Sebelumnya

Hadiri Rakor Inflasi, Ini 5 Point Penting Dari Mendagri

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar