1093 Kali

SAMARINDA.KOMINFONEWS-Realisasi pendapatan daerah kota Samarinda menunjukkan angka yang membanggakan.

Hingga dengan triwulan IV realisasi pendapatan daerah tahun 2023 berhasil mencapai Rp 4,048 Triliun atau sebesar 105,14%, hal ini disampikan Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Samarinda, Hermanus Barus pada High Level Meeting (HLM) Evaluasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) dan Pencapaian Target Realisasi PAD yang berlangsung Selasa (30/1/2024) siang, di gedung Bank Kaltimtara Samarinda.

Menurut dia, Jika dibandingkan dengan periode tahun 2022, nilai tersebut meningkat sebesar Rp 342 Miliar atau 9%. Sedangkan dari komponen PAD telah tercapai

Rp 856 Miliar atau telah melampaui nilai target yang ditetapkan. 


“Sedangkan Pendapatan Transfer terealisasi sebesar Rp 3,1 Triliun atau 103% dari target yang ditetapkan. Pendapatan transfer ini jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya mengalami peningkatan sebesar 8%,” aku Barus.

Dia kembali menjelaskan, untuk komponen PAD yang terdiri dari Pajak Daerah terealisasi sebesar Rp 608 Miliar dari target yang ditetapkan Rp 526 Miliar. Sedangkan retribusi daerah dari target sebesar Rp 43 Miliar telah terealisasi sebesar Rp 51 Miliar.

Begitu pun dengan hasil pengelolaan kekayaan daerah dari target Rp 13,6 Miliar terealisasi sebesar Rp 13,3 Miliar dan jika dibandingkan tahun 2022 mengalami peningkatan sebesar Rp 8 Miliar. Dan yang terakhir Lain - Lain PAD yang Sah terealisasi sebesar Rp 183 Miliar dari target yang ditetapkan sebesar Rp 169 Miliar.


“Hasil ini diperoleh tak lepas dari kontribusi dunia usaha serta warga yang rajin menjalankan kewajibannya dalam membayar pajak tepat waktu. Untuk itu kami menyampaikan terimakasih atas partisipasi dan kerjasamanya hingga PAD kota Samarinda bisa terus meningkat dari tahun ke tahun,”ungkapnya.

Siang itu juga dilakukan penandatanganan perjanjian kinerja Terhadap Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun anggaran 2024 juga pemberian penghargaan dan hadiah gebyar pajak daerah

Tahun anggaran 2023 serta pembagian hadiah pemenang gebyar pajak daerah tahun 2023. 

Sementara, Wakil Wali Kota Samarinda DR H Rusmadi dalam sambutannya mengaku bahagia jika realisasi pemdapatan daerah kota Samarinda bisa melampaui target. Hal ini menurutnya tak lepas dari pertumbuhan ekonomi di kota tepian yang  semakin membaik.

“Dimana pertumbuhan ekonomi kita berhasil mencapai 7,68 persen dan angka ini jauh melampaui provinsi kaltim,”ungkapnya.


Wawali menambahkan pendapatan daerah yang meningkat tajam menjadi Rp 4,408 Triliun dari target Rp 3 Triliun ini perlu mendapat apresiasi. Hal ini tak lepas berkat kerja semua bersama dunia usaha. Sekali lagi ia kembali mengulang jika keberhasilan tadi  karena pertumbuhan ekonomi di Samarinda yang semakin membaik.

Mengingat sambung dia, ekonomi yang baik ini merupakan dukungan dari dunia usaha. Karena komponen paling tinggi terlihat dari daya beli masyarakat yang semakin baik.

“Jadi tugas Pemkot harus bisa mempertahankan kondisi ini dengan memberikan iklim yang baik bagi dunia usaha dalam meningkatkan investasi,”pesannya. (CHA/DAN/KMF-SMD)

Pemerintah Kota Samarinda Anugerahkan Satya Lencana dalam Perayaan HUT Kota Samarinda dan Pemkot : Apresiasi untuk Dedikasi ASN

Berita Sebelumnya

Wali Kota : Buat Masyarakat Berkesan Saat Berkunjung

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar