4232 Kali

SURABAYA-KOMINFONEWS- Catatan prestasi yang sangat membanggakan kembali ditorehkan oleh Pemerintah Kota Samarinda di tahun 2024 ini. Dengan skor 3,45 Kota Pusat Peradaban ini menduduki peringkat kedelapan sebagai Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Berkinerja Tinggi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Samarinda, di masa kepemimpinan Andi Harun-Rusmadi Wongso. Sehingga lengkaplah sudah, baik penilaian dari pihak Pemerintah Pusat (Kemendagri) maupun lembaga swasta yang melakukan survey secara independen, semua mengakui bahwa pembangunan di Kota Tepian ini terutama dari segi kepemimpinan Penyelenggraan Pemerintah Daerah berjalan sangat bagus.

Penghargaan sebagai Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Berkinerja Tinggi ini diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian dan diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Samarinda Hero Mardanus Satyawan saat acara Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-28 yang digelar di Taman Surya, halaman Balai Kota Surabaya, Kamis (25/04/2024) lalu. 


Kota lain yang juga memperoleh penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri berdasar urutan skor yang diperoleh adalah: adalah Kota Surabaya (skor 3,58), Kota Surakarta (3,57), Kota Makassar (3,56), Kota Tangerang (3,53), Kota Semarang (3,52), Kota Medan (3,50), Kota Palembang (3,45), Kota Metro (3,44), dan Kota Denpasar (3,44).

Penghargaan ini diberikan dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.7–6646 Tahun 2023 tentang Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) secara Nasional Tahun 2023. Evaluasi didasarkan pada Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Provinsi dan Kabupaten/Kota Tahun 2022.

Menurut Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, penghargaan diberikan setelah dilakukan proses penilaian yang sangat objektif dengan melibatkan lembaga eksternal internasional yang ada di Indonesia.


Selain kepada para pemerintah kota, penghargaan serupa juga diberikan oleh Kementerian  Dalam Negeri kepada 5 provinsi dan 14 kabupaten di Indonesia berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) Tahun 2023. Keseluruhan terdapat 29 Pemerintah Daerah yang meraih penghargaan hasil EPPD kala itu.

Dengan pemberian penghargaan ini tentu diharapkan dapat memotivasi pemerintah daerah di seluruh Indnesia untuk semakin giat dan bersemangat dalam membangun daerahnya masing-masing. (*/ASYA/KMF-SMR/Foto-Bag.Pem)


Wali Kota Samarinda Dukung Kreatifitas Generasi Muda di Malam Puncak Adujak GenRe Kota Samarinda 2024

Berita Sebelumnya

Jalin Kerjasama dengan Pemkot Samarinda, Pj Wali Kota Parepare Boyong OPD dan Pengusaha

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar