308 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS – ‘Merajut Bintang Masa Depanku’ adalah sebuah motivasi masa depan untuk meraih mimpi kesuksesan. Karena banyak orang terutama para generasi muda yang sampai saat ini masih mencemaskan bagaimana masa depannya nanti dan khawatir akan kesuksesan.

Hal itu disampaikan Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun saat menghadiri Malam Puncak Apresiasi Duta dan Ajang Jambore Kreatifitas (Adujak) GenRe Kota Samarinda 2024 di Atrium Big Mall Samarinda, Sabtu (4/5/2024).

Menurutnya, Adujak salah satu bentuk Pembinaan Ketahanan Remaja yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja agar mampu melangsungkan jenjang Pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan dan menikah dengan penuh perencanaan sesuai fase reproduksi sehat.

Andi Harun, menggarisbawahi pentingnya pemberian akses informasi, pendidikan, konseling, dan pelayanan tentang kehidupan berkeluarga kepada generasi muda, sesuai dengan yang diamanatkan dalam Pasal 48 UU Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Menurutnya, hal ini sejalan dengan konsep 'young people' yang dikeluarkan oleh PBB dalam World Youth Report 2005.


"Remaja adalah sasaran Program Pembinaan Ketahanan Remaja, yang bertujuan untuk menciptakan remaja Generasi Berencana. Mereka adalah remaja yang memiliki perencanaan dalam mempersiapkan dan melewati lima transisi kehidupan remaja dengan mempraktikkan hidup bersih dan sehat, melanjutkan pendidikan, menjadi anggota masyarakat yang baik, serta membangun keluarga yang berkualitas," ujar Andi Harun.

Menyadari pentingnya upaya meningkatkan kualitas pelaksanaan, cakupan, akses, dan partisipasi remaja dalam pemberian informasi, pendidikan, dan konseling kesehatan reproduksi dan seksual, gizi, serta perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja, pemerintah Kota Samarinda menganggap perlu adanya kegiatan seperti Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas Genre Kota Samarinda Tahun 2024.

Andi Harun berharap, kegiatan ini dapat menghasilkan generasi muda yang berprestasi dan mampu menjadikan dirinya sebagai inspirasi untuk menyongsong masa depan yang gemilang.

"Semoga melalui ajang ini, kita dapat melihat potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh anak-anak muda Samarinda," tutupnya.

Puncak acara juga ditandai dengan penyerahan penghargaan kepada Bunda GenRe Kota Samarinda, Hj Rinda Wahyuni Andi Harun, penghargaan tertinggi dalam bidang Pelaksanaan Program GenRe di Kota Samarinda. (FER/KMF-SMR)


Pelantikan Pengurus PSHT Masa Bakti 2024 - 2029, Siap Dukung Pemkot Samarinda

Berita Sebelumnya

Samarinda Terima Penghargaan Pemerintah Daerah Berkinerja Tinggi Peringkat ke 8 Secara Nasional

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar