251 Kali

SAMARINDA.KOMINFONEWS — Wujud keseriusan dalam menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Samarinda, Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali memboyong pasukan sekitar 90-an yang bukan hanya dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melainkan ikut pula para pengusaha kota Parepare.

Penandatangan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kota Parepare dengan Pemerintah Kota Samarinda tentang Peningkatan dan Pengembangan Daya Saing Daerah terlaksana dalam kunjungan kerja Pemkot Parepare ke Samarinda yang diterima di ruang Mangkupelas, Balaikota Samarinda, Jumat (3/5/2024).

“Kami menganggap kota Samarinda pantas untuk dilakukan studi tiru atas keberhasilan yang diraih selama kepemimpian Pak Andi Harun. Untuk itu hari ini kita melakukan kerjasama sebagai langkah awal. Kita berharap, punya mimpi, minimal kota Parepare bisa seperti Samarinda,” ucap Akbar Ali dalam sambutannya.

Ia mengutarakan selain Samarinda mereka mengunjungi IKN karena salah satu kota terdekat penyangga IKN diluar Kalimantan adalah Parepare.

“Hampir semua logistik, masuk ke Kaltim ini dari kota Parepare,” kaanya.


Ia mengatakan selain membawa para pejabat, mereka juga mengundang kelompok pengusaha untuk menyertai kunjungan kerja.

“Baik migas, properti, maupun konstruksi, hadir semua. Biar mereka bisa langsung melihat potensi kerjasama apa yang prospek di IKN maupun kota ini,” ujarnya.

Kemudian, ia mengemukakan pilihan di Samarinda ingin melihat kultural kota ini. 

“Sebuah kota yang memiliki kearifan lokal hampir sama dengan kota Parepare. Kota Samarinda ini memiliki kedekatan kultural, kedekatan distribusi perdagangan, bisa dikatakan Samarinda yang paling dekat dengan Parepare di Sulawesi,” katanya.

Ia juga memuji keberhasilan yang dilakukan wali kota Samarinda, bagaimana transformasi yang dilakukan termasuk peningkatan PAD yang luar biasa didongkrak Rp 5-7 triliun.


“Sangat tidak salah kita memilih kota Samarinda menjadi best practice yang menjadi kota tujuan kita untuk mengadopsi untuk ditiru, dimodifikasi dan selanjutnya kita revitalisasi untuk masuk ke kota Parepare,” ungkap Akbar Ali yang juga menjabat sebagai Kepala Pusat Strategi Kebijakan Politik Hukum dan Pemerintahan Dalam Negeri di Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BKSDN) Kemendagri

Ia juga banyak memuji keberhasilan pembangunan lainnya. “Sangat banyak edukasi yang bisa diambil. Bagaimana terobosan-terobosan yang dilakukan. Mulai penanganan banjir, perbaikan gorong-gorong, penataan tata ruang dan sebagainya. Ini sangat bagus,” ucap Akbar Ali seraya membandingkan pembangunan diatas 5 tahun silam dengan saat ini.

Sementara Andi Harun begitu mengapresiasi atas kunjungan ini. “Banyak peluang yang bisa dikerjasamakan antara kota Samarinda dengan Parepare. Misalnya, kapal-kapal dari Parepare yang datang ke Samarinda membawa logistik, tapi balik ke Parepare dengan keadaan kosong. Ini yang harus kita carikan potensinya,” katanya.

Menurutnya banyak yang bisa dilakukan oleh Pemerintah kota Samarinda yang memiliki 3 Perusda yang didorongnya untuk menjalin kerjasama.

Tampak mendampingi Wali Kota, Sekda Kota Samarinda Hero Mardanus Satyawan, para Asisten, Staf Ahli, kepala OPD dan kepala Bagian terkait.(DON/KMF-SMR. Foto: Ary Prokompim)


Samarinda Terima Penghargaan Pemerintah Daerah Berkinerja Tinggi Peringkat ke 8 Secara Nasional

Berita Sebelumnya

Andi Harun Serahkan SK Secara Simbolis, Pemkot Samarinda Angkat 856 Orang ASN-PPPK

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar