332 Kali

SAMARINDA.KOMINFONEWS-Desain bangunan lahan parkir diarea Pasar Segiri mulai di presentasikan oleh pihak konsultan, Senin, 12 Februari 2024, di gedung Balai Kota.

Siang itu, Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun bersama Asisten II Sam Saimun ada juga Kepala Dinas Perdagangan Kota Samarinda, Marnabas Patiroy, Kepala Bappedalitbang, Ananta Fathurozi dan Kepala BPKAD Samarinda, Ibrohim hadir menyimak langsung paparan dari pihak konsultan tadi.

Wali Kota memberikan saran, jika lahan parkir diarea belakang bangunan Pasar Segiri nanti akan diprioritas bagi kendaraan roda dua.

“Saya minta dilahan parkir nanti 70 persen bisa menampung sepeda motor dan 30 persennya baru mobil,”pintanya.

Pasalnya menurut Andi Harun, baik pedagang maupun pengunjung Pasar Segiri dominan menggunakan kendaraan roda dua.

“Bisa kita liat dijalan perniagaan yang parkir rata-rata sepeda motor. Sehingga kalau lahan parkir nanti sudah selesai maka tidak boleh lagi ada kendaraan yang parkir di jalan tersebut,”pintanya lagi.


Sedangkan untuk area parkir kendaraan roda empat sendiri, orang nomor satu di kota tepian ini mewacanakan di lokasi Tugu Linmas. Karena kondisi posisi area tersebut juga kini sudah menjadi lokasi parkir, sehingga ia menyarakankan tinggal ditata kembali. 

“Mungkin Tugu Linmas bisa kita pindah ke lokasi lain, agar luasan area parkir disini bisa lebih maksimal,”sarannya.

Rencananya, nanti akan menggunakan sistem parkir dengan parking gate. Kendaraan bisa melalui tiga titik pintu masuk. Mulai dari Tugu Linmas, Pintu masuk Pasar Segiri dan Jalan Perniagaan. Sehingga tata kelola parkir di komplek atau sekitar kawasan pasar jadi lebih tertib.

Wali Kota juga menyarankan agar diarea parkir nanti juga disediakan toilet umum yang layak bagi para pengunjung.

“Tapi buangan kontorannya tidak boleh ke sungai, melainkan dibuatkan septic tank,”celetuknya.

Bangunan area parkir ini nantinya berbasis taman, karena misinya tetap mempertahankan sedikitnya 20 persen ruang terbuka hijau. Karena selaras dengan pembangunan taman yang akan dilakukan oleh lembaga NGO diarea sisi sungai. (CHA/ARY/KMF-SMD)

Pembangunan PSU Husnul Khotimah Segara Dikerjakan

Berita Sebelumnya

Menjelang dan Setelah Pemungutan Suara Pemilu 2024, Mendagri Tekankan Inflasi Harus Tetap Jadi Atensi

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar