708 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Samarinda menerima kunjungan kerja (Kunker) dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kutai Kartanegara di ruang Command Center Diskominfo Samarinda, Jumat (16/1/2024).

Tujuan kunjungan kerja ini ingin melakukan studi tiru terkait layanan Call Center 112 dan kegiatan monitoring informasi serta penetapan agenda prioritas Pemerintah Kota Samarinda.

Plh Kepala Dinas Kominfo Samarinda Syamsul Anwar menyambut baik kedatangan rombongan Diskominfo Kutai Kartanegara.

“Dengan adanya kunker ini, harapan kami bisa saling sharing ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam meningkatkan program-program pemerintah khususnya pelayanan ke masyarakat yang lebih baik. Apalagi pesan Wali Kota waktu penyerahan anugerah ASN award, yang utama adalah loyalitas kepada rakyat,” tegas Syamsul yang hobi memancing ini.

Kepala Bidang Pengelolaan & Layanan Informasi Publik Diskominfo Kukar Surya Admaja yang juga selaku pimpinan rombongan berjumlah lima orang mendengar langsung penjelasan dari Kepala Bidang Pelayanan Informasi Publik (PPID) Euis Eka April Yani dan kepala bidang E-Gov & Aplikasi Rahadi Rizal terkait kegiatan monitoring informasi dan penetapan agenda prioritas komunikasi pemerintah daerah serta layanan call center 112 di ruang command center.

Dalam pemaparannya Euis menjelaskan bahwa terkait monitoring informasi serta penetapan agenda prioritas komunikasi pemerintah daerah, “Sebenarnya kami baru mengusulkan kegiatan tersebut pada tahun 2025 akan datang mengingat kegiatan yang dimaksud baru muncul di Renstra yang kemudian boleh untuk dianggarkan,” terangnya.


Namun Euis menuturkan  walaupun kami baru mengusulkan, namun untuk penetapan agenda prioritas selalu berkoordinasi,  bekerjasama dan bersinergi dengan bagian prokompim sehingga agenda prioritas yang dimaksud tak lepas dari sepuluh program unggulan pada visi dan misi wali kota dan wakil walikota tuturnya.

Demikian pula dengan Rahadi Rizal Kabid Aplikasi & Layanan E-Government menjelaskan bahwa peran call center 112 sangat di butuhkan oleh masyarakat mengingat panggilan darurat ini selain bebas pulsa juga sangat mudah di akses oleh masyarakat dalam mendapatkan layanan yang bersifat kedaruratan.

Dalam menjalankan call center 112 perlu adanya sinergitas antar Perangkat Daerah terutama terutama yang memberikan layanan kedaruratan, sehingga layanan yang diberikan dapat berjalan dengan maksimal. Selain itu itu call center 112 menggandeng para relawan yang berada di Kota Samarinda untuk bekerjasama dalam mengatasi masalah kedaruratan yang terjadi.

Keunggullan dari call center 112 adalah bisa membuka line telpon hinggal 25 saluran, dan ini sudah terjadi pada saat pandemi dimana call center 112 menjadi hot line nomor tunggal penanganan  covid-19, sehingga masyarakat dalam waktu yang bersamaan dapat menikmati layanan call center 112 pungkasnya.

Selepas mendengar penjelasan dari kedua Kabid tersebut dan beberapa tanya jawab, Maza merasa puas dengan kunker kali ini dan beserta rombongan langsung menuju ke ruang call center 112 yang tak jauh dari ruang CC untuk melihat lihat dan tanya jawab kepada para relawan 112 yang tengah mengoperasikan komputer untuk panggilan darurat. (SY/CUL/KMF-SMR)

Kelurahan Karang Mumus Bersama Kelurahan Sungai Pinang Luar dan Remusa, Meriahkan HUT Kota dan Pemkot Samarinda dengan Giat Festival Karang Mumus

Berita Sebelumnya

Meriahkan HUT Kota Samarinda, Ratusan Warga Kelurahan Karang Asam Ilir Antusias Ikuti Jalan Seha

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita Diskominfo

Tinggalkan Komentar