516 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Sukseskan menjelang tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda menggelar Sosialisasi Pembentukan Badan Adhoc Pemilihan Serentak, di Ballroom Hotel Midtown, Jumat (26/4/2024).

Ketua KPU Kota Samarinda Firman mengatakan bahwa ada sebanyak 514 Kabupaten Kota yang akan melaksanakan pemilihan serentak pada November 2024 mendatang. 

Dimana tahapan pemilihan sudah dimulai pada April 2024 dengan pembentukan badan adhoc yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Kelurahan (PPS), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PANTARLIH) yang dimana poin sosialisasi mengacu pada keputusan KPU No.476 Tahun 2024.


"Sejalan dengan peraturan tersebut untuk Pemilu dan Pemilihan 2024 proses pendaftarannya melalui aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA),” tutur Ketua KPU.

Urgensi dari lahirnya SIAKBA, pertama adalah database para penyelenggara membutuhkan tempat tersendiri pada sistem digital. Kedua, adanya proses rekrutmen baik Anggota KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota maupun Badan Ad Hoc. Ketiga sebagai bentuk transparansi pada proses seleksi. 

“Dengan diluncurkan aplikasi SIAKBA kemungkinan besar pendaftaran Badan Adhoc dilakukan secara online, dengan pertimbangan diutamakan usia 17 sampai 55 tahun serta benar-benar memiliki kesehatan jasmani dan rohani,” Jelas Ketua KPU Firman.


Selain itu, rekrutmen badan Adhoc memiliki kepentingan strategis yang menjadi landasan. Sehingga KPU harus melakukan dengan hati-hati dalam melakukan perekrutan Badan Adhoc.

Oleh sebab Badan Adhoc harus memiliki skill kompetensi komunikasi dan mengerti kompetensi secara regulasi serta memiliki pengalaman sosial di lingkungan masing-masing.

"KPU juga akan memastikan Badan Ad Hoc yang terpilih nanti harus memiliki integritas dan tidak memihak kepada peserta atau badan-badan tertentu yang memiliki keberpihakan," Demikian Ketua KPU. (BAR/KMF/SMR)


Kenalkan Mahakam Sebagai Ikon Samarinda Lewat Widyawisata TTG di Kapal Sunset Sailing

Berita Sebelumnya

Ketua FK-KIM Samarinda Utara, Suparlin Telah Berpulang

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar