544 Kali

SAMARINDA, KOMINFONEWS - Wakil Wali Kota Samarinda, Dr Rusmadi mengapresiasi Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang dilaksanakan Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Mulawarman (Unmul) di Gedung Bundar Faperta Unmul, Selasa (27/2/2024).

Pada Peringatan HPSN Bank Sampah Faperta Unmul bersama Bank Sampah Ramli Graha Indah menggarap gerakan dimana sampah bisa membawa bernilai ekonomi pada masyarakat. Sampah yang dikumpulkan oleh masyarakat bisa ditukarkan di bank sampah dengan sembako, voucher listrik dan voucher pulsa.

Rusmadi menilai edukasi kepada masyarakat terkait pengelolaan sampah sudah semestinya dilakukan. Karena selain berdampak ke lingkungan, masyarakat juga dapat menikmati dampak ekonomi dari pengelolaan tersebut.


“Jadi secara ekonomi dapat, cuan dapat, tetapi yang paling penting ya lingkungan kita terjaga,” ujar Rusmadi.

Lebih dalam, Rusmadi mengungkapkan bahwa fenomena sampah saat ini telah banyak membawa kerugian. Salah satunya perilaku buang sampah di parit atau di sungai, menurutnya akan membuat kualitas air jadi buruk. 

“Karena kalau sampah ini sampai dibuang ke parit kemudian ke sungai pada akhirnya ke laut kan akan membunuh plankton-plankton yang kita tahu bahwa tanaman tumbuhan inikan yang banyak menghasilkan oksigen,” katanya.


Sehingga, Rusmadi mengapresiasi realisasi ide oleh Faperta Unmul di HPSN kali ini. Dirinya berharap gerakan ini akan tumbuh secara bertahap dan juga dapat tersebar di banyak tempat.

Dirinya memberi usul kegiatan transaksi sampah ini bisa dijadwalkan. Sehingga masyarakat bisa mengumpulkan sampah sebelum ke bank sampah.

“Hanya memang harus terjadwal misalnya sebuah Bank Ramli Graha Indah mengumumkan bahwa pada hari ini ada tukar sampah dengan token dengan pulsa dengan sembako sehingga masyarakat satu bulan inikan kemudian mengumpulkan sampah,” ujarnya.

Gerakan tersebut juga menggandeng para pelaku usaha yang menyalurkan CSR. Diantara yang turut terlibat adalah PT Bukit Baiduri Energi (BBE) yang mensupport sembako, PT PLN (Persero) UPDK MAHAKAM yang mensupport Voucher Listrik, PT Telkomsel Branch Samarinda mensupport Voucher Pulsa dan Eco Enzyme dari Puri Leisa.(DON/KMF-SMR)

Hadiri Peletakan Batu Pertama, Kadis Perkim Harap Pesantren Barokah Sekumpul Lahirkan SDM yang Berkualitas

Berita Sebelumnya

Tampil Dalam Pertemuan FP2PTK, Andi Harun : Laut Dapat Menjadi Pilar Utama Masa Depan Negara

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar