272 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun, menerima kunjungan silaturahmi dari Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Samarinda, Abdul Muin dan rombongannya pada Jumat (19/4/2024) di Ruang Rapat Wali Kota, Balaikota Samarinda. Pertemuan ini menandakan eratnya hubungan antar lembaga dalam memastikan integritas administratif dan operasional menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Samarinda 2024.

Dalam pertemuan tersebut, Abdul Muin melaporkan persiapan yang telah dan akan dilakukan oleh Bawaslu menjelang Pilkada Samarinda. Hal ini termasuk peningkatan pengawasan proses pemilihan untuk menghindari kecurangan dan memastikan proses yang transparan serta adil bagi semua calon.

Menanggapi laporan tersebut, Andi Harun menekankan pentingnya sinergi dan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Samarinda. Tujuannya adalah untuk melakukan pemutakhiran data pemilih dengan lebih akurat. Andi Harun menyoroti masalah kelebihan surat panggilan dan data pemilih yang belum terupdate, seperti status kematian atau perpindahan warga, yang sebelumnya telah menyebabkan kebutuhan akan Pemungutan Suara Ulang (PSU).


“Kami sedang membenahi sistem kependudukan kita. Setiap tahun selalu ada kelebihan surat panggilan karena mekanisme pencatatan yang perlu diperbarui, termasuk data pemilih yang meninggal dunia atau yang pindah tempat tinggal. Ini adalah area yang kami masih perlu perkuat,” ungkap Andi Harun.

Pertemuan ini menjadi momentum penting bagi pemerintah dan lembaga pengawas pemilu untuk bersinergi dan memastikan Pilkada Kota Samarinda 2024 berlangsung dengan baik dan lancar, serta menjaga integritas demokrasi di tingkat lokal.

Dengan adanya upaya-upaya perbaikan dalam sistem kependudukan dan koordinasi yang intensif antara pemerintah dan lembaga pengawas, diharapkan Pilkada Kota Samarinda 2024 dapat menjadi contoh pelaksanaan pemilihan yang transparan dan demokratis bagi daerah lainnya.(FER/KMF-SMR)


Wawali Rusmadi Hadiri Kegiatan APEKSI Komwil V Regional Kalimantan di Banjarbaru

Berita Sebelumnya

Rakor Pemberangkatan dan Pemulangan, Kembali Komitmen Berikan Kenyamanan Bagi Jamaah Haji

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar