923 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Kembali melonjaknya kasus Covid-19 secara nasional tidak terkecuali di Samarinda juga mulai keluar dari zona hijau. Menyikapi ini Pemerintah Kota Samarinda melaksanakan Rapat Koordinasi yang langsung dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) kota Samarinda H Hero Mardanus Satyawan.

Rapat yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Samarinda di ruang rapat Sekda kota Balaikota Samarinda ini dihadiri pula Sekretaris Dinas Kesehatan dr Irama Fitamina Madjid, Sekretaris Dishub Siami Misnam, Kabag Ops Polresta Samarinda Kompol Rangga A, Kristian mewakili Kodim 0901 Samarinda, Satpol PP dan Camat se Kota Samarinda, Kamis (4/8/2022).

“Terima kasih kehadiran dari teman-teman semua. Pertemuan hari ini, bagaimana kita akan membahas untuk menyikapi kondisi kasus Covid-19 yang belakangan ini mulai meningkat lagi. Tentunya kita selaku pemerintah harus hadir di tengah-tengah masyarakat, agar bisa melakukan langkah-langkah menahan laju kasus,” ucap Hero mengawali rakor.

Hero mengatakan perlunya digencarkan terus gerakan mengajak warga agar mau divaksin. “Seperti laporan tadi, masih banyak warga yang enggan untuk divaksin. Seperti kegiatan vaksinasi akhir pekan yang dilaksanakan kecamatan bersama TNI-Polri, terkadang hanya dihadiri 10-20 orang. Hal inilah nanti akan kita bahas formulasinya bersama teman-teman,” ungkap Hero.


Namun Hero tak pernah bosan selalu mengajak warga agar bersedia untuk divaksin sebagai salah satu upaya mengurangi resiko terpapar Covid-19.

“Selain vaksin, mohon warga dan kita semua agar selalu disiplin protokol kesehatan terlebih penggunaan masker. Jangan anggap remeh dan terlena, terus kita disiplin prokes,” pinta Hero lagi.

Sementara dr Irama mewakili kepala Dinas Kesehatan mengatakan saat ini kasus terus bertambah secara nasional tidak terkecuali di Samarinda.

“Update kasus per 2 Agustus ada penambahan 4 kasus positif dan 4 orang yang dalam perawatan. Dari 10 kecamatan tinggal Samarinda Seberang yang masih bertahan berada di zona hijau, sementara yang lainnya sudah di zona kuning,” ungkap Irama melaporkan.

Irama mengutarakan kesadaran warga untuk melaksanakan vaksin masih kurang. “Kita di 26 Puskesmas selalu siap memberikan vaksin kepada warga yang datang ke Puskesmas. Yang belum vaksin, mari datang ke Puskesmas terdekat,” ajak Irama.

Irama juga berharap semangat para Camat-Camat agar tetap terus menggelora menggaungkan warganya melalui RT agar mau divaksin.

Ia menyebutkan update vaksin kota Samarinda dari total target 722.068 orang, yang sudah vaksin tahap 1 sebesar 92,40 persen atau sebanyak 667.234 orang, tahap 2 sebesar 80,26 persen (579.589 orang) dan tahap 3 alias boster sebesar 28,22 persen (203.784 orang).

Camat Samarinda Kota Anis Siswantini pun menyampaikan tekadnya kembali turun ke lapangan bersama jajaran TNI Polri agar bisa menahan laju kasus Covid-19.(DON/KMF-SMR)

Beri Bantuan Petani Bantuas, Wali Kota Komando Lurah dan Camat Tegas Pada Perusahaan

Berita Sebelumnya

Video Live Selling Produk Unggulan Milik UPPKA Lavender Sabet Juara Umum dan Favorit

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Kesehatan

Tinggalkan Komentar