203 Kali

JAKARTA. Setelah sehari sebelumnya memborong 7 penghargaan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI), Selasa (19/11) kembali Kota Samarinda meraih penghargaan Kota Sehat Tertinggi Swasti Saba Wistara untuk ketiga kalinya.

Penganugerahan Kabupaten Kota Sehat (KKS) ini diberikan oleh 2 menteri, yakni Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto kepada 6 Gubernur, 177 Bupati dan Walikota, serta 3 orang motivator dari tim pembina yang aktif mengkoordinasikan dan membina seluruh forum Kabupaten/Kota di wilayah provinsinya untuk menyelenggarakan kabupaten/kota sehat di kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Selasa (19/11).

Samarinda sendiri meraih penghargaan Swasti Saba Wistara untuk ketiga kalinya, 2015, 2017 dan 2019. Sebelumnya meraih Swasti Saba kategori Wiwerda di tahun 2007, 2009, 2011 dan 2013. Penghargaan ini diperoleh karena peran aktif dan mensinergikan program, serta pemberdayaan masyarakat dalam menyelenggarakan Kabupaten/Kota Sehat.

Swasti Saba Wistara merupakan penghargaan tertinggi di bidang kesehatan lingkungan yang diberikan kepada kota/kabupaten yang telah menyelenggarakan minimal 7 tatanan penilaian. Di antaranya tatanan permukiman, sarana dan prasarana umum, tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi, industri dan perkantoran sehat, pariwisata sehat, pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, serta sosial yang sehat.

Ketua Umum Forum Kota Sehat (Forkots) Samarinda, Puji Setyowati Jaang menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Samarinda dan jajaran Pemkot Samarinda, sehingga bisa meraih penghargaan tertinggi kota sehat yang ketiga kalinya.

“Terima kasih kepada masyarakat, Walikota, Sekda dan OPD termasuk Kecamatan dan Kelurahan, berkat sinergi dan kekompakan, kerja ikhlas, serta kepedulian bersama, kembali kita meraih penghargaan Kota Sehat Tertinggi Swasti Saba Wistara,” ucap Puji yang juga isteri Walikota Samarinda ini seusai menerima penghargaan.

Menurut Puji, hingga tahun ini Samarinda telah mengoleksi 7 penghargaan Swasti Saba, 4 kategori Wiwerda dan 3 kategori Wistara.

“Besar harapan kami, juga bapak Walikota agar penghargaan Swasti Saba Wistara yang telah diraih bisa menjadi motivasi masyarakat Kota Samarinda dalam mewujudkan lingkungan yang sehat,” ungkap Puji yang juga anggota DPRD Kaltim Komisi IV yang membidangi Pendidikan, Kesehatan dan Kesejahteraan Rakyat.

Puji menyampaikan terima kasih kepada Pemkot Samarinda hingga Forkots Samarinda tetap berdiri dan aktif sampai sekarang bergandengan tangan mewujudkan kota sehat.

Dihubungi terpisah, Walikota Samarinda menyampaikan rasa terima kasihnya kepada jajaran Forkots Samarinda yang telah bersinergi dan membantu Pemkot dalam mewujudkan lingkungan yang sehat di wilayah Samarinda. Ia mengatakan perjuangan meraih Penghargaan Tertinggi Kota Sehat tidaklah gampang. Artinya ini bukan kerja Walikota saja, Dinas Kesehatan maupun Forkots. Namun hasil kerja semua, termasuk dukungan masyarakat Samarinda dari berbagai elemen.

Jaang memberi apresiasi kepada seluruh masyarakat Kota Samarinda, jajaran SKPD dan Forkots yang  selama ini sudah bekerja keras mendukung program Pemerintah, sehingga Kota Samarinda kembali mendapatkan penghargaan.

"Saya berterima kasih kepada semuanya. Berkat partisipasi semua, kerja bersama, kerja kompak dan kerja ikhlas menjadikan Samarinda lebih baik dan lebih sehat," tutur Jaang. (kmf2)

Penulis/Editor: Doni

Penghargaan RKCI, Untungkan IKN Baru

Berita Sebelumnya

Nahkoda dan ABK Dibekali Pelatihan Dasar SAR

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Kesehatan

Tinggalkan Komentar