51 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Wakil Wali Kota Samarinda Dr H Rusmadi mengapresiasi semangat Universitas Muhammadyah Kalimantan Timur (UMKT) membangun kampus sehat dengan membentuk Tim Health Promoting University (HPU) Olah Bebaya UMKT.

“Pemerintah kota Samarinda mengapresiasi gerakan bebaya atau semangat gotong royong UMKT membangun kampus yang sehat, bukan hanya sebagai pusat pendidikan saja,” ungkap Rusmadi dalam sambutannya pada Deklarasi Komitmen Bersama Seluruh Masyarakat Kampus untuk Menyukseskan UMKT sebagak HPU dengan pendamping HPU Universitas Gajah Mada (UGM) di aula gedung E UMKT, Senin (22/11/2021).

Melalui ini diharapkan Rusmadi dapat mewujudkan suatu kawasan kampus yang bersih, sehat, bahkan indah, karena dapat dipastikan bila hal ini berjalan sesuai dengan tujuan awal maka tentu akan dapat melahirkan sosok-sosok dengan perilaku hidup bersih dan sehat termasuk kampus tanpa rokok. 

“Kampus sehat ini sendiri menjadi penting karena tidak saja akan menciptakan suasana lingkungan belajar yang bersih dan sehat melainkan lebih dari itu akan menjadi media pendidikan yang akan melahirkan orang-orang baru dengan mental-mental yang baru pula,” terangnya..


Selain itu lagi katanya, program ini selaras dengan semangat Pemerintah Kota mewujudkan kota pusat peradaban.

“Pemkot berusaha menjadikan kota yang maju, modern dan mampu memberikan kenyamanan, ketenangan dan kedamaian,” imbuh Rusmadi lagi.

Menurut Rusmadi mereka berkeyakinan kalau ini dilakukan bersama yang diimplementasikan dalam sebuah gerakan, tidak ada yang tak mungkin mewujudkan Samarinda kota Pusat Peradaban.

“Termasuk membangun kampus yang bersih dan sehat dengan semangat olah bebaya.

Olah bebaya ini menjadi kunci sukses kampus sehat ini,” tegas Rusmadi.

Ketua tim HPU Olah Bebaya UMKT Sri Sunarti mengatakan prioritas program yang akan dijalankan UMKT ada sebanyak 7 divisi, terdiri dari Divisi Aktivitas Fisik, Divisi Literasi Kesehatan, Divisi Makanan Sehat, Divisi Zero Tolerance Tobacco, Narkotika dan Alkohol. 

Dalam kesempatan ini dihadiri pula Rektor UMKT yang diwakilkan kepada Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat sekaligus Wakil Rektor bidang Akademik Ghozali, wakil Rektor bidang Kemahasiswaan Sunarso, HPU UGM dr Bagas Suryo Bintaro dan perwilan Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim drg Suharsono. (DON/CHA/KMF-SMD)


Galakkan Pangan Non Beras, Dinas Ketapang Launching Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal

Berita Sebelumnya

Tekan Penyebaran Covid 19, Giliran Kawasan Sungai Pinang Jadi Terget Operasi Yustisi Prokes

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Kesehatan

Tinggalkan Komentar