116 Kali

SAMARINDA. Menuju Reakreditasi Tahun 2020 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kelurahan Loa Bakung Kecamatan Sungai Kunjang menambah pelayanannya, berupa Pelayanan Pengobatan Tradisional Komplementer yang telah dibuka sejak, Jumat (13/9).

 

Untuk Pelayanan Pengobatan Tradisional Komplementer di Kota Samarinda, baru dibuka di Puskesmas Loa Bakung dan Puskesmas Cendana yang sama-sama di wilayah Kecamatan Sungai Kunjang.

 

Jenis layanannya berupa pijat akupuntur (dengan jarum), pijat akupresur (dengan penekanan) dan konsultasi ramuan herbal. Semua dilakukan oleh dokter umum dengan kompetensi tambahan, serta memiliki sertifikat resmi dari Kementrian Kesehatan.

 

Pelayanan ini sangat bagus ditujukan kepada orang lanjut usia (lansia) yang memerlukan pengobatan rutin masa tua. Karena obat kimia yang memiliki banyak efek samping memiliki dampak yang tidak baik bagi lansia, maka Puskesmas Loa Bakung menujukan ke Layanan Konsultasi Ramuan Herbal yang cocok bagi para kaum lansia.

 

Pelayanan Akupuntur dan Akupresur bisa menyembuhkan penyakit maag, asma, sakit kepala, tegang dan fertigo, syaraf wajah lemah (belpasi), nyeri siku dan lutut, hingga stroke ringan dan berat.

 

Kepala Puskesmas Loa Bakung dr Siti Nuriyatus Zahrah berharap dengan adanya layanan pengobatan tradisional komplementer ini bisa membantu masyarakat Kelurahan Loa Bakung, Kecamatan Sungai Kunjang. Karena sekarang Pemerintah sedang menggiatkan lagi tentang penggunaan pengobatan tradisional kepada masyarakat. (kmf15) 

Penulis: Thohir --Editor: Doni

PT Eswarico Tawarkan Kerjasama Tingkatkan Pelayanan PDAM

Berita Sebelumnya

374 Pebulutangkis Ramaikan Kejuaraan Bulutangkis Kota Samarinda

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Kesehatan

Tinggalkan Komentar