338 Kali

[07:00, 12/3/2019] Pak Andry Pramudya: SAMARINDA. Sebagai sebuah kota yang berkembang pesat di segala aspek kehidupan, Samarinda memerlukan beragam sarana dan prasarana pendukung terutama di bidang Kesehatan. Untuk itu Wakil Walikota Samarinda, Muhammad Barkati melakukan pertemuan Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu Tingkat Kota Samarinda Tahun 2019 di ruang rapat Wawali, Senin (2/12).

 

“Kesehatan adalah kebutuhan yang utama sebagai ukuran kualitas hidup yang mendasar,” tegas Barkati.

 

Keberhasilan pelaksanaan Posyandu juga tidak lepas dari peran serta masyarakat. Perlu adanya keterlibatan dari tokoh masyarakat, tokoh agama dan organisasi pemerintahan yang mampu menggerakkan masyarakat, terutama keluarga yang memiliki balita untuk membawanya ke Posyandu.

 

“Posyandu merupakan garda terdepan dalam hal pelayanan masyarakat,” ungkap Barkati.

 

Menurutnya, kader harus memahami betul program pokok kegiatan Posyandu dan mampu melaksanakannya melalui 5 meja yaitu pendaftaran, penimbangan dan pengukuran, pencatatan, penyuluhan kesehatan, serta pelayanan kesehatan.

 

Ada 26 ASN yang tertuang dalam SK Walikota Nomor 406/510/HK-KS/XI/2019 tentang Pembentukan Kelompok Kerja Operasional Pembinaan Pos Pelayanan Terpadu. Dengan terbentuknya kelompok kerja yang melibatkan Dinas Kesehatan dan OPD terkait diharapkan kedepan dapat meningkatkan sarana dan prasarana Posyandu.

 

“Harapannya dengan meningkatnya kompetensi kader, sarana prasarana Posyandu yang lengkap, pendampingan dan pembinaan secara rutin oleh Puskesmas, serta adanya dukungan dari masyarakat luas, maka kunjungan balita ke Posyandu dapat tercapai sesuai target, sehingga pada akhirnya kesehatan anak dan balita dapat meningkat” tutup Barkati. (kmf7)

 

Penulis: Akbar --Editor: Doni

Pemerintah Harus Selalu Pantau Harga Pasar

Berita Sebelumnya

Barkati Resmikan Loket OTAN

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Kesehatan

Tinggalkan Komentar