392 Kali

SAMARINDA.KOMINFONEWS-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Samarinda kembali 

melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Inche Abdoel Moeis , RSUD Korpri dan RS Samarinda Medika Citra serta 11 Klini Kesehatan terkait bentuk Layanan untuk kepengurusan percepatan akta kelahiran, kartu keluarga dan kartu identitas anak bagi bayi yang baru lahir di rumah sakit maupun klinik.

Penandatangan kerjasama sendiri berlangsung di Hotel Grand Sawit, jalan Basuki Rahmat, Kamis (1/9/2022) pagi.

Selain dengan rumah sakit dan klinik tadi, kerjasama Disdukcapil ini juga dilakukan bersama Perumdam Tirta Kencana Samarinda untuk update pemberian data jumlah penduduk warga Samarinda yang berkaitan dalam peningkatan pelayanan air bersih.


Kepala Disdukcapil Kota Samarinda, Abdullah mengatakan jika kerjasama ini dalam rangka memberikan pelayanan ke masyarakat, dimana setelah bayi lahir di rumah sakit maupun klinik, dapat langsung mengeluarkan akta kelahiran, kartu keluarga dan kartu identitas anak yang terintegrasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil).

“Sebenarnya ini juga bagian dari pelayanan prima yang ditawarkan rumah sakit dan klinik ke pasien, salah satunya bagaimana bayi pulang bisa langsung membawa dokumen kependudukan,”urainya.

Dia juga memastikan, Disdukcapil sendiri tidak menarik biaya sepeser pun untuk kepengurusan dokumen tersebut.

“Komitmen ini juga telah kita sampaikan ke pihak rumah sakit dan klinik, artinya tidak boleh ada tambahan biaya yang di bebankan ke pasien terkait proses pembuatan dokumen ini tadi, karena pelayanan dari Disdukcapil kami berikan secara gratis,”tegasnya.

Karena pemerintah sambung dia, harus hadir ditengah masyarakat dalam memenuhi hak-hak sipilnya diantaranya dengan memberikan dokumen kependudukan warga sebagai pengakuan berupa bukti identitas diri termasuk kartu identitas anak itu tadi. 

Berikut daftar rumah sakit dan klinik yang telah kerjasama dengan Disdukcapil Samarinda :

  1. RSUD IA Moeis
  2. RSUD Korpri
  3. RS Samarinda Medika Citra (SMC)
  4. Klinik Islamic Center
  5. Klinik Hasanah
  6. Klinik Aminah Amin Rianto
  7. Klinik Mitra Gustiana
  8. Klinik Ramlah Parjib
  9. Klinik Advent
  10. Klinik Kusuma
  11. Klinik Pratiwi
  12. Klinik Sinar Sehat
  13. Klinik Kartika Sari
  14. Klinik Hj Ninik Kustiani

(CHA/KMF-SMD)

Wali Kota Samarinda Pimpin Rapat Monitoring P3DN

Berita Sebelumnya

Kominfo Samarinda Ikuti Rapat Koordinasi IISMEX 2022 melalui Zoom Meeting

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Kesehatan

Tinggalkan Komentar