222 Kali

SAMARINDA.KOMINFONEWS-Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda menggelar focus group discussion (FGD) II di gedung Balai Kota, Samarinda, Senin (14/11/2022).

Kegiatan ini digelar dalam rangka pembahasan hasil Real Demand Survey ( RDS) dan ruang lingkup layanan berdasarkan data survey.

Dimana FGD ini menitik beratkan pada pra kelayakan pengembangan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Inche Abdoel (IA) Moeis melalui proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

FGD sebelumnya dibuka oleh Direktorat Pengembangan Pendanaan pembangunan Kementerian PPN/Bappenas RI, Sri Bagus Guritno secara virtual.


Sementara selaku tuan rumah pelaksana  kegiatan, Plt Asisten II Sekretariat Daerah Kota Samarinda, Sam Saimun ketika mendapat kesempatan untuk memberikan arahan menjelaskan jika Pemkot Samarinda saat ini tengah merencanakan untuk melakukan pengembangan RSUD IA Moeis bertaraf internasional dengan jangkauan menjadi rujukan regional provinsi Kaltim dan Kaltara melalui skema KPBU.

“Model kerjasama ini kita lakukan karena keterbatasan APBD kota Samarinda dalam pembiayaan pembangunan infrastruktur. Sehingga dengan skema KPBU tadi diharapkan dapat mempercepat pembangunan rumah sakit ini,” urainya.


Oleh itu sambung dia, pelaksanaan survey kebutuhan nyata atau RDS merupakan bagian terpenting dalam pelaksanaan KPBU. Karena hasil RDS tadi akan memperlihatkan kebutuhan nyata dari masyarakat terhadap suatu pelayanan tertentu.

Terpisah, Konsultan dari PT Ciriajasa E.C, Syarif mengatakan jika jumlah responden yang diambil dalam survey tadi berjumlah 660 responden. Pelaksanaan survey RDS sendiri dilakukan mulai dari 14 Oktober hingga 14 November dan rekapitulasinya dilakukan mulai 1 November.

“Dan jika tidak ada halangan Rabu besok akan dilakukan konsultasi publik terkait hasil survey RDS ini," ungkapnya. (CHA/KMF-SMR)

Apresiasi Para Pemenang Stratifikasi UKS/M, Wawali Harap SMA 6 Palaran Jadi Contoh Sekolah Hijau Bersih dan Sehat

Berita Sebelumnya

Jogja TCTI 2022, Samarinda Borong Juara 1 Stand Terbaik dan Terfavorit

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Kesehatan

Tinggalkan Komentar