79 Kali

SAMARINDA. Puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke 47 Tahun 2019 tingkat Kota Samarinda mengusung tema "Gebyar Samarinda Unggul Dalam Menyongsong Generasi Unggul 1 Abad Indonesia Merdeka dan Kaltim Sebagai Ibukota Negara RI".

 

"Kaderisasi PKK telah dilaksanakan dengan baik di semua lini. Melalui gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) telah mampu merubah perilaku masyarakat. Peringatan HKG PKK Ke 47 ini merupakan momentum yang strategis mendorong dan meningkatkan kinerja para kader PKK secara profesional daam upaya mewujudkan kesejahteraan keluarga,” ucap Walikota dalam sambutannya pada puncak peringatan HKG PKK Ke 47 di GOR Segiri Samarinda, Selasa (3/12).

 

Menurut Jaang, ini sejalan dengan tema, yaitu Gebyar Samarinda Unggul 2019, Melalui HKG, Rakor PKK, Silaturahmi Kampung KB dan Literasi Masyarakat Kita Wujudkan Samarinda Berkarakter dan Keluarga Berkualitas.

 

“Ini tidak gampang dengan menempatkan tema yang berat. Tema ini bukan hanya simbolis, bukan kata-kata dan cerita. Unggul itu tidak gampang. Selalu saya katakan dimana-mana tentang mempersiapkan generasi emas Indonesia tahun 2045 atau 26 tahun lagi. Apa yang kita persiapkan pada tahun 2045 Indonesia emas,” ucap Jaang.

 

Menurutnya menyiapkan SDM unggul, kreatif, sehat jasmani dan rohani dalam bingkai NKRI yang tidak merongrong bangsa harus menjadi komitmen bersama.

 

”Seorang Gubernur ataupun Walikota tidak bisa berjalan sendiri, termasuk PKK juga, makanya ada dasa wisma. Ini juga tertuang dalam 8 fungsi Kampung KB. Kalau infrastruktur itu mudah. Ada anggota dewan yang memperjuangkan aspirasi atau lewat Pokir (Pokok Pikiran, red) . Persoalan masalah SDM yang unggul menjadi tantangan kita. Apalagi menyambut Kaltim sebagai IKN,” kata Walikota bersemangat.

 

Oleh karena itu, Jaang mengemukakan besarnya peranan para kader PKK yang mayoritas kaum ibu-ibu dalam menyiapkan SDM.

 

“Karena ibu-ibulah yang tahu kebutuhan anak-anak kita. Mereka yang berkomunikasi dengan anak-anak. Jadi tak perlu selalu dengan materi dalam berkomunikasi dengan anak, ada sentuhan-sentuhan langsung kepada anak melalui ibu,” katanya lagi.

 

Membacakan sambutan Ketua Umum PKK Pusat, Ketua Umum PKK Kota Samarinda Puji Setyowati Jaang mengatakan Peringatan HKG PKK harus selalu menimbulkan gelora, membawa semangat baru dan energi baru setiap gerak PKK.

 

“Semangat ini harus senantiasa kita miliki, karena Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja Pemerintah haruslah mampu menjadi pelopor dan pembaharu yang inspiratif,” kata Puji yang juga anggota Komisi IV DPRD Kaltim ini.

 

Dikatakan juga, sasaran pencapai program Pemerintah perlu didorong melalui peran nyata gerakan PKK sebagai gerakan dalam pembangunan yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga dan masyarakat yang sejahtera.

 

Dalam kegiatan ini dirangkai pula Deklarasi Gerakan Masyarakat Literasi dan Deklarasi Pencegahan Stunting, serta penyerahan hadiah lomba-lomba HKG PKK Tingkat Kota. (kmf2)

 

Penulis/Editor : Doni

Maulid Nabi Muhammad, Jaang Hadiahkan Bonus Rumah Kepada Qori Terbaik Indonesia

Berita Sebelumnya

Bapenda Samarinda Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Kesehatan

Tinggalkan Komentar