326 Kali

SAMARINDA. Wakil Walikota Samarinda, Muhammad Barkati bersama Asisten III Pemerintah Kota Samarinda Ali Fitri Noor menghadiri pelantikan pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Samarinda dan penyerahan piagam penghargaan kepada pendonor darah 10, 25, 50, 75 dan 100 kali dalam rangka HUT PMI Ke 74 Tahun 2019, Kamis (21/11) di Aula Rumah Jabatan Walikota Samarinda.

Kepengurusan PMI Kota Samarinda masa bhakti 2019-2024 yang diketuai Fakhruddin Noor ini dilantik Ketua PMI Kaltim Sayid Irwan. Pelantikan ditandai dengan pembacaan SK PMI Kaltim, pembacaan ikrar pelantikan, penandatanganan SK pelantikan dan penyerahan bendera pataka kepada Ketua PMI Kota Samarinda oleh Ketua PMI Kaltim.

Saat memberikan sambutan, Wakil Walikota Samarinda menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang selama ini telah menyumbangkan darahnya melalui PMI Samarinda.

"Donor darah merupakan kegiatan yang sangat positif bagi kemanusiaan. Kita menyadari begitu pentingnya peran darah bagi setiap orang apalagi fakta mengatakan di Samarinda ini nyaris tiada hari tanpa permintaan darah, baik kepentingan menolong orang yang sakit, kecelakaan maupun kepentingan kemanusiaan lainnya," ucap Barkati.

Niat dan tindakan pendonor darah sungguh sangat mulia dan tidak dapat dinilai dengan uang sekalipun, sehingga Barkati berharap tindakan para pendonor darah ini dapat menggugah orang maupun pihak lain melakukan hal yang sama agar tidak ada lagi ditemukan masalah kekurangan stok darah.

"Masih sedikit orang yang mau mendonorkan darahnya secara sukarela, kenyataan ini harus kita antisipasi dan harus terus disosialisasikan secara intensif, Palang Merah Indonesia Kota Samarinda juga harus konsisten menempuh cara-cara kreatif dan pro aktif agar masyarakat tergugah hatinya untuk menolong sesama," tuturnya.

Barkati mengimbau kepada instansi-instansi di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda untuk turut semangat mendonorkan darahnya karena menurutnya gerakan ini sangat penting bagi orang-orang yang memerlukan.

"Seperti diketahui bersama bahwa jika rutin melaksanakan donor darah, maka tubuh akan lebih sehat. Karena darah yang disumbangkan akan diganti dengan darah baru. Kedua, saat menjalankan program kemanusiaan apalagi jika dilakukan dengan ikhlas, maka akan menjadi amal jariyah dan menjadi ladang pahala," katanya.

Sementara Ketua PMI Kaltim, Sayid Irwan mengatakan  kepengurusan yang baru dilantik ini diharapkan dapat membawa PMI Kota Samarinda semakin baik dan mampu mewujudkan visi PMI berkarakter, profesional, mandiri dan dicintai masyarakat.

"Saya yakin dengan kerja kolektif yang sinergi, serta pembagian peran yang jelas dari setiap komponen organisasi, yaitu pengurus, pegawai, relawan dan anggota PMI, maka visi PMI itu akan tercapai," ungkap Irwan.

Fakhruddin Noor pada kesempatan itu juga melaporkan perolehan donor darah di tahun 2018 mencapai 31.654 kantong darah dengan spesifikasi donor sukarela 30.789 kantong dan donor pengganti sebanyak 865 kantong. Dia mengatakan total darah yang didistribusikan ke RS sebanyak 37.649 kantong darah.

"Temuan penyakit sebanyak 611 kantong seperti hepatitis B 268 kantong, hepatitis C 36 kantong, siphilis 112 kantong dan HIV sebanyak 195 kantong," kata Papah demikian sapaan akrabnya. (kmf13)

Penulis: Ferdi --Editor: Doni

137 Paket BBG Diserahkan ke Nelayan

Berita Sebelumnya

Barkati Resmikan Monumen Pesut Mahakam

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Kesehatan

Tinggalkan Komentar