32 Kali

SAMARINDA. Wakil Walikota Samarinda, Muhammad Barkati kembali meresmikan Kampung Keluarga Berencana (KB) se-Kecamatan Samarinda Ilir yang juga Kampung KB terakhir yang dilaunching se-Kota Samarinda di halaman Kelurahan Sidodamai, Jl Damai, Kecamatan Samarinda Ilir, Kamis (21/11).

Kampung KB yang dilaunching adalah Kampung KB Cahaya Kencana, Kelurahan Sidodamai dan Kampung KB Dewata Kencana, Kelurahan Selili.

“Ini adalah peresmian Kampung KB yang ke-58 dan 59 oleh Pemkot Samarinda. Memang pembukaan dan penutupan itu selalu meriah. Pada penutupan kali ini diawali dengan kirab drum band, sehingga suasana terlihat meriah. Ingat, Kampung KB jangan hanya berhenti pada pencanangan saja. Harus ada aksi dan gerakan nyata. Kecamatan dan Kelurahan, serta Dinas terkait harus terus mengevaluasi jalannya Kampung KB yang telah dilaunching ini,” terang Barkati dalam sambutannya.

Dijelaskan pula oleh orang nomor dua di Kota Tepian tersebut bahwa Kampung KB mudah-mudahan bisa tetap berjalan dan tidak ada yang dicoret anggarannya.

“Kemarin memang ada sempat Bappeda saya panggil karena masalah anggaran, kalau hanya sebatas launching saja percuma kalau tidak dikasih anggaran untuk mengevaluasi dan mengisi kegiatan Kampung KB. Kita bisa lihat bersama semarak juga semangatnya launching Kampung KB yang sudah dilaunching Bapak Walikota, Syaharie Jaang atau saya sendiri. Untuk Kampung KB sudah tidak repot lagi karena dana kelurahan sudah ada, tinggal bagaimana kita mengisinya, sehingga tidak kelihatan hanya stagnan dan kegiatan harus terus ada,” tegasnya.

Harapan Barkati pada launching Kampung KB yang terakhir ini, dari sekian banyak ini harus ada Kampung KB percontohan untuk bisa menjadi contoh dan kemajuan Kampung KB.

Karena sebutnya, Kampung KB ini bukan hanya untuk masalah KB saja tapi bisa untuk keseluruhan, baik itu lingkungan hidup maupun kesehatan dan lainnya, harus tetap sinergis.

Sementara Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Nurul Muminayati mengatakan dengan adanya Kampung KB di setiap kelurahan lebih menggairahkan lagi program mereka, yaitu KKBPK Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga.

“Hari ini peresmian Kampung KB yang terakhir karena sudah 59 Kelurahan. Meskipun sudah di SK kan Walikota Samarinda sejak bulan Juli kemarin 59 Kelurahan semua sudah punya Kampung KB. Untuk hari ini Kelurahan Sidodamai dan Kelurahan Selili. Kami diberi tugas oleh Pak Walikota Syaharie Jaang dan Wakil Walikota Muhammad Barkati untuk terus mengevaluasi bagaimana peningkatan sebelum dan setelah adanya Kampung KB ini dalam masyarakat,” terangnya.

Ketua Panitia, Fahroni tak lupa banyak mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur yang telah menyumbang pada acara ini, dimana seluruh panitia juga ikut membantu atas terselenggaranya kegiatan peresmian Kampung KB yang ada di lingkungan Kecamatan Samarinda Ilir.

“Semoga Kampung KB dengan visinya selalu bisa meningkatkan kualitas masyarakat di lingkungan Keluarga Berencana dalam keluarga kecil kualitas yang sehat dan bahagia,” tutup Fahroni.

Acara peresmian ini juga dirangkai dengan pembagian hadiah lomba-lomba di Kecamatan Samarinda Ilir, serta pemberian bantuan pompa pemadam kebakaran.

Ikut hadir dalam acara tersebut Kepala BKKBN Provinsi Kaltim Ely Kusnedi, Asisten III Pemkot Samarinda Ali Fitri Noor, Kepala Dinas BPPKB Nurul Muminayati, Camat Samarinda Ilir Ramdani, Lurah se-Kecamatan Samarinda Ilir, Danramil, Kapolsek, Kepala OPD, Mewakili Diskominfo Kota Samarinda, tokoh masyarakat, tokoh agama, LPM se-Kelurahan se-Kecamatan Samarinda Ilir, Ketua TIM Penggerak PKK Kelurahan Selili dan Sidodamai, Kepala Puskesmas Tenaga Kesehatan Samarinda Ilir, mewakili Kementerian Agama Kota Samarinda dan seluruh masyarakat sekitar. (kmf5)

Penulis: Afdani --Editor: Doni

Tumpeng Ultah Untuk Koran Kaltim Ke-13

Berita Sebelumnya

137 Paket BBG Diserahkan ke Nelayan

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Kesehatan

Tinggalkan Komentar