51 Kali

SAMARINDA. Setelah sebelumnya 4 kampung KB di Kecamatan Samarinda Kota, kali ini giliran Kampung KB Kecamatan Loa Janan Ilir yang diresmikan oleh Wakil Walikota Samarinda M Barkati. Kampung KB yang diresmikan adalah Kampung KB Bumi Rindang Luhur dan Kampung KB Rindang Sejahtera Kelurahan Harapan Baru, Sabtu (26/10).

"Kenapa wilayah lingkungan RT 25 dan 35 dipilih menjadi lokasi Kampung KB untuk Kelurahan Harapan Baru, dikarenakan capaian MKPJ (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang) masih rendah," ucap Ketua RT 25 Harapan Baru, Sunarto.

Ia bersyukur sudah banyak masyarakat khususnya Kampung Bumi Rindang yang sudah menggunakan metode ini, yaitu melalui IUD Spiral ataupun Implan.

Jumlah penduduk wilayah Kampung KB Rindang Sejahtera terdiri dari 2 RT yakni RT 25 dan RT 35.

RT 25 memiliki jumlah penduduk 177 KK (690 jiwa) yakni Laki-laki 350 jiwa dan Perempuan 340 Jiwa dan RT 35 memiliki jumlah penduduk 54 KK (206 jiwa) yakni Laki-laki 111 Jiwa dan Perempuan 95 jiwa.

Dengan diresmikannya Kampung KB di Kecamatan Loa Janan Ilir, diharapkan Wawali sisa yang lainnya untuk disegerakan. Bahkan ia akan memantau terus perkembangan program tersebut.

"Kampung KB sebagai upaya memudahkan masyarakat memperoleh layanan program KB. Sebagai upaya mewujudkan keluarga sejahtera yang berkualitas," tutur Barkati.

Menurutnya, Kampung KB didesain sebagai upaya pemberdayaan masyarakat terhadap program KB yang kegiatannya dikelola bedasarkan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat itu sendiri.

"Kota Samarinda sudah mantap mengembangkan Kampung KB dengan mengintegrasikan program kependudukan KB-KS dan pemberdayaan perempuan dan program lainnya akan lebih bagus kita harus mempunyai rasa memiliki yaitu Samarinda Saya, Samarinda Kita, Samarinda Indonesia," tutupnya.

Tampak hadir pada peresmian tersebut diantaranya Kepala DPPKB Nurul Mu’minayati, Sekretaris DPPKB Provinsi Kaltim Ahmad Taqdir, Kepala Dinas Kominfo diwakili oleh Kepala Bidang Teknologi Komunikasi dan Informasi Aji Danny, Sekretaris Dinas Kebudayaan Heri Nurdi, Camat Loa Janan Ilir Syahrudin, Lurah Harapan Baru Heriwati Az, Lurah Sengkotek Novi Kurnia Putra, Lurah Rapak Dalam Syahrumsyah, Lurah Tani Aman Herna, Lurah Simpang Tiga Sapran, seluruh Babinsa dan Babinkamtibmas se-Kecamatan Loa Janan Ilir. (KMF7)

Penulis: Akbar --Editor: Doni

Syaharie Jaang Hadiri Hudoq Cross Border di Kampung Kelahirannya, Mahulu

Berita Sebelumnya

Kehadiran Pusat Perbelanjaan Modern Di Samarinda Menambah Fasilitas Kota

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Kesehatan

Tinggalkan Komentar