1878 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS – Aksi luar biasa dilakukan Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun yang terjun dari ketinggian sekitar 25 meter menggunakan seutas tali atau rapling dari mobil tangga pemadam kebakaran unit jerapah seusai memimpin Apel Siaga dan Fire Drill Pasukan Pemadam Kebakaran, ternyata bukan untuk menguji adrenalin melainkan mengungkapkan begitu susahnya dan besarnya pengorbanan dari relawan pemadam kebakaran dan penyelamatan.

“Aksi rapling tadi selain penasaran, saya ingin merasakan semangat kebathinan teman-teman dan para relawan. Bahwa tidak mudah menjadi relawan Damkar. Itu sebabnya kita butuh apresiasi dan dukungan kepada mereka, tidak hanya  pemerintah, TNI Polri, tapi juga dukungan kepada dunia swasta, masyarakat. Saya mencoba itu (Rapling), ternyata berat menjadi relawan. Ini saja yang ingin saya sampaikan pesan ke masyarakat. Berat menjadi relawan,” kata Andi Harun dalam parade aksi dalam rangkaian Apel Siaga dan Drill Pasukan Pemadam Kebakaran di eks bandara Temindung Samarinda, Kamis (24/3/2022).

Kemudian lanjut Andi Harun, para relawan ini mau bekerja 24 jam tanpa gaji yang cukup membuktikan bagi semua dalam menunjukkan kepedulian kepada para relawan. 


“Saya kira tidak ada lagi alasan yang kita cari. Ayo sama-sama kita bantu para relawan kita agar upaya penanggulangan kebakaran dan bencana lainnya bisa terus berlanjut mendapat dukungan. Kita lihat tadi sebagian peralatan mereka tua, sederhana, kalau ada dunia swasta dan pengusaha, ada masyarakat yang mau berbaik hati, membagi kebaikan dengan memberikan bantuan peralatan  yang sangat dibutuhkan di kota ini. Sebagai kota besar, ada-ada saja kejadian. Ular masuk, cincin tidak bisa lepas, inilah keunikan kejadian di kota besar seperti di kota Samarinda. Ayo terus kita tinggikan kepedulian, tidak mungkin semua bisa diselesaikan pemerintah, dana kita terbatas. Saya mengetuk hati semua untuk membantu para relawan kita,” tutur Andi Harun.

Sebelumnya dalam arahan apel, Wali Kota menyampaikan bahwa Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan serta para relawan pemadam kebakaran adalah barisan terdepan yang memberikan perlindungan kepada masyarakat dalam kondisi darurat.

 “Saya mengapresiasi setiap peran petugas pemadam kebakaran yang selama ini telah bekerja dengan sepenuh hati,  turut mewujudkan kota dengan lingkungan yang aman, nyaman, harmoni dan lestari,” ucapnya.

Ia menyampaikan pula sebagai bentuk apresiasi Pemkot Samarinda kepada relawan pemadam kebakaran, tahun 2022, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kota Samarinda memberikan BPJS Ketenagakerjaan diperuntukkan bagi 1.000 personil relawan sebagai jaminan kecelakaan dan kematian.

“Semoga ini bisa memotivasi semua pihak untuk bersama-sama menjaga kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam upaya pencegahan kebakaran,” tuturnya.


Ia mengutarakan pula pada tahun 2021, terdapat 240 kejadian kebakaran  dengan penyebab paling banyak oleh arus pendek listrik sebanyak 171 kejadian (71,25 persen). Sedangkan operasi penyelamatan non kebakaran sebanyak 1.538 kejadian.

Lebih rinci, kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kota Samarinda Hendra AH menerangkan terkait kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, dimana 1.000 relawan tersebut mendapat jaminan kecelakaan dan kematian.

“Jika ada relawan yang meninggal sakit atau penyebab lainnya akan diberikan santunan sebesar Rp 40 juta. Sedangkan jaminan kecelakaan, ketika dia berangkat dari rumah hingga ke TKP kebakaran  jika terjadi kecelakaan dan meninggal dunia akan mendapat santunan Rp 70 juta. Tapi jika hanya luka-luka, perawatannya dijamin sampai dia sembuh,” terang Hendra.

Dalam gelar apel siaga, selain aksi rapling wali kota dan Hendra, juga ada beberapa para aksi penyelamatan seperti atraksi operasi tangka ular masuk rumah warga yang mana di tahun 2021 terdapat 539 kasus, aksi penyelamatan rumah dari sarang tawon, aksi melepas cincin yang tak terlepas dari tangan warga hingga aksi pemadaman rumah oleh para Srikandi Pemadam Kebakaran.(DON/CHA/KMF-SMD)

Wali Kota Siapkan Langkah Strategis Hadapi Persoalan Klasik Masuk Bulan Ramadhan

Berita Sebelumnya

Sejalan Prioritas Pemkot, Andi Harun Siap Muluskan Proyek Penanggulangan Banjir Pemprov Kaltim di 11 Lokasi

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Kesehatan

Tinggalkan Komentar