46 Kali

SAMARINDA. Organisasi yang tergabung dalam Forum Perempuan Peduli Hijau Bersih Sehat (HBS) kota Samarinda, Kamis (21/3) pagi memperingati hari air sedunia yang dirangkai dengan deklarasi sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan HBS. 

Kegiatan yang berlangsung di aula Rumah Jabatan Walikota Samarinda ini, dihadiri Kepala Sekolah Dasar dan Menengah Pertama serta istri Kepala Sekolah se-kota Samarinda yang tergabung dalam Forum Perempuan Peduli (FPP) HBS. 

Ketua Umum FPP HBS Samarinda Erminawati dalam arahannya mengatakan, jika forum yang dibentuknya sudah berdiri sejak tahun 2014. Tujuannya untuk menggerakkan sekolah yang ada di Samarinda agar bisa mengimplementasikan program HBS yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota.

"Kebetulan tiga element HBS ini bersinergi dengan pemerintah pusat, dimana Hijau sendiri berkaitan dengan penghargaan Adiwiyata, Bersih berhubungan dengan karakter dan Sehat lebih kepada UKS sekolah,"kata Ermin.

Mantan Kepsek SMPN 10 ini menambahkan, lewat forumnya tadi banyak pekerjaan rumah khususnya di dunia pendidikan yang harus diselesaikan, terutama pembinaan kepada sekolah yang disorong agar bisa berprestasi dalam bidang lingkungan lewat program sekolah adiwiyata. 

Oleh itu, lewat deklarasi tadi ia menginginkan semua pengurus maupun anggota harus bergerak berkerja bersama menularkan ilmu yang memiliki kepedulian terhadap program HBS sekolah.

“Bahkan kita akan bantu sekolah-sekolah yang butuh untuk pemugaran fisik bangunan dengan melibatkan semua sektor dengan program CSR pihak swasta,"kata Ermin.

Sementara, Pembina Forum Perempuan Peduli Hijau Bersih Sehat (HBS) kota Samarinda, Puji Setyowati dalam arahannya mendukung penuh gerakan yang dilakukan oleh para pengurus FPP HBS yang memiliki tekad memajukan pendidikan lewat karakter Adiwiyata dan kesehatan. 

Karena menurut istri Walikota Samarinda ini, cita-cita Pemerintah ingin  mendapatkan penghargaan Adipura bisa saja terwujud apabila 10 persen sekolah di Samarinda bisa meraih penghargaan sekolah Adiwiyata. 

"Tentu ini menjadi tolak ukur dan alhamdulillah-nya lagi kita punya forum yang ingin sungguh-sungguh bergerak untuk hal ini." kata Puji.

Walaupun sebutnya, program HBS sangat sulit diimplemantasikan oleh sekolah negeri. Oleh itu, ia menaruh harapan agar Forum yang terbentuk tadi tidak mengekslusifkan diri melainkan bisa membuka diri dan terus belajar dengan para senior yang tujuannya agar bisa mewujudkan program sekolah HBS dapat terwujud. 

"Intinya keberadaan FPP HBS harus siap membantu dan bergerak bersama untuk menolong sekolah yang perlu dilakukan pembinaan HBS untuk mewujudkan sekolah Sehat berbasis lingkungan," tutup Ketua Umum Forum Kota Sehat (Forkots) Samarinda.(hms4)

Penulis: Ahmad Haidir

Terus Berbenah, Pelayanan Discapilduk Memuaskan

Berita Sebelumnya

Pemkot Jaga Pasokan Bapokting Jelang Ramadhan

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar