40 Kali

SAMARINDA. Menyisakan waktu yang tinggal 3 bulan lebih, masyarakat Kaltim khususnya warga Samarinda,  mulai antusias menyambut event Festival Olahraga Rekreasi-Masyarakat Nasional (FORNAS) V Tahun 2019 Kaltim, 15-17 November di Kota Samarinda.

Gaung festival olahraga tradisional yang akan diikuti 15.000 peserta secara nasional di ibukota Kaltim ini setidaknya telah mampu membangkitkan keinginan masyarakat bermain olahraga tradisional khas daerah.

Permainan enggrang, asinan dan gasing  kini mulai banyak dimainkan warga Samarinda di berbagai tempat. Sebut saja, kawasan GOR Sempaja Samarinda yang setiap minggu pagi dipenuhi puluhan orang, baik tua muda,  perempuan dan laki-laki laki dengan penuh suka ria bermain olahraga rekreasi khas tersebut.

Sejak 5 tahun lalu, Federasi Olahraga Rekreasi-Masyarakat Indonesia (FORMI) Samarinda menyiapkan peralatan seperti enggrang, logo, bakiak,  tarik tambang yang terbuat dari bambu untuk digunakan secara gratis oleh masyarakat. 

Bahkan menurut Ketua FORMI Samarinda Sri Lestari,  pihaknya menyiapkan pelatih di masing-masing permainan yang disiapkan secara cuma-cuma. Khusus untuk gasing disiapkan oleh komunitas yang cukup banyak di Kota Samarinda.

Untuk ajang FORNAS nanti, sebut istri almarhum Nusyirwan Ismail ini, Samarinda masih mengandalkan enggrang dalam meraup medali.

FORMI Kaltim sendiri terus mendukung kegiatan masyarakat yang ingin berlatih olahraga rekreasi ini.  Dengan semakin banyak masyarakat yang gemar berlatih, maka stok atlet daerah ini cukup tersedia.(kmf)

Penulis: Setiabudi --Editor: Doni

Satpol PP 'Gadungan' Berhasil Ditahan

Berita Sebelumnya

Disdukcapil Serahkah KIA Di Hari Anak Nasional

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar