45 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Wakil Wali Kota Samarinda Dr H Rusmadi mengatakan harus bangga sebagai alumni Universitas Mulawarman (Unmul) karena saat ini banyak yang berprestasi dan posisi penting di pemerintahan ditempati alumni Unmul.

Hal ini disampaikan Rusmadi saat menghadiri Musyawarah Nasional Ke IV Ikatan Keluarga Alumni Universitas Mulawarman (Munas IKA Unmul) tahun 2021 di Hotel Mercure, Senin (12/04/2021).

“Kita bicara profesionalisme bahwa banyak posisi penting di pemerintahan ditempati oleh alumni Unmul. Meski banyak yang menempati posisi penting namun IKA harus tetap membangun jaringan karena semua manusia pasti punya keterbatasan sehingga dari keterbatasan bisa saling berbagi ilmu, informasi serta pengetahuan. Yang terpenting IKA harus memperkuat jaringan antar alumni karena namnya pembangunan itu pasti dinamikanya sangat tinggi,” ucap Rusmadi yang juga ketua IKA Fakultas Pertanian Unmul.

Sementara dalam Munas itu, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor kembali terpilih sebagai Ketua Umum IKA Unmul periode 2021 – 2026.

“Alhamdulillah pelaksanaan munas berjalan dengan lancar, sebelumnya saya mohon maaf karena terlambat di acara munas ini dikarenakan Menteri PPN/Bappenas datang ke lokasi Ibu Kota Negara (IKN) sehingga saya langsung dari Balikpapan. Saya sampaikan terima kasih yang sebesar – besarnya setelah memberi kepercayaan dan terpilih kembali sebagai ketua umum IKA periode 2021-2026,” jelas Isran Noor.

Disampaikan dalam sambutannya bahwa antara alumni IKA harus saling kerjasama di berbagai bidang. “Tanpa adanya kerjasama yang baik serta kebersamaan maka IKA tidak akan berkembang dan berjalan dengan baik dan kurang bermanfaat terutama bagi anggotanya,” katanya.

IKA juga diharapkan bisa mengembalikan marwah dan martabat almamater di dunia luar kampus.

Termasuk juga asosiasi terus berkembang. Fakultas maupun prodi juga bisa berperan baik secara ilmiah.

“IKA harus bisa membangun keluarga besar untuk memberikan kontribusi terutama untuk menyambut IKN nanti. Jadi sampai saat ini jangan kuatir dengan kualitas IKA, mungkin yang diperlukan harus memakai strategi karena kita harus percaya dalam membangun sebuah karya,” bebernya.

Ditambahkannya kemampuan bidang ekonomi, hukum, sosial adalah modal dasar dari sisi menuju IKN. “Kaltim ke depannya akan dijadikan pusat pertumbuhan ekonomi di luar pulau Jawa sehingga harus dipersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan baik. Belum lagi investor asing sudah banyak yang siap datang di Kaltim untuk menawarkan pembangunan infrastruktur, pelabuhan dan sebagainya,” tuturnya.

Rektor Unmul Masjaya menambahkan bahwa Unmul terus mengakomodir untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan Kota Samarinda. “Salah satu modal kita sebagai dunia pendidikan ikut membangun SDM yang lebih baik lagi sehingga nantinya mahasiswa setelah lulus bisa mengimplementasikan di luar kampus. Namun peranan alumni juga sangat diharapkan untuk ikut menggandeng adik – adiknya. Intinya  Perguruan Tinggi dan alumni harus bergandeng tangan untuk membesarkan Unmul,” ungkap Masjaya.(BAY/DON/KMF-SMD)

 

Langgar Protokol Kesehatan, Denda Administratif Hingga Rp1 Juta

Berita Sebelumnya

Hadiri Pelantikan Pengurus PBFI, Wali Kota Target Samarinda Juara Umum di Porprov

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar