51 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Wakil Wali Kota Samarinda Dr H Rusmadi mengapresiasi gerakan beberapa komunitas penggerak lingkungan yang melaksanakan diskusi dan aksi tanam pohon di bantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Karang Mumus sekitar wilayah Betapus, Minggu (26/9/2021).

“Aksi ini kece, keren dan cerdas. Terima kasih kepada adek-adek yang peduli terhadap lingkungan. Dua minggu kedepan, nanti bapak undang ke balaikota bersama komunitas penggerak lingkungan lainnya. Insya Allah bapak akan selalu mengusahakan hadir dengan kegiatan seperti ini,” ucap Rusmadi dalam kesempatan Diskusi dan aksi Tanam Pohon “Sebuah Cinta Untuk Karang Mumus” digagas komunitas penggerak lingkungan Bumitaka.

Menurutnya anak-anak ini punya pemahaman yang luas tentang apa lingkungan dengan ekosistemnya, apalagi mereka memberikan perhatian dengan Sungai Karang Mumus (SKM).

“Yang mana dalam kaitan persoalan banjir Samarinda yang diketahui bahwa Karang Mumus yang panjangnya 47 KM, luasnya itu 45% dari luas Samarinda atau 322 kilometer persegi. Bayangkan saja, harusnya kalau semua banyak komunitas yang memahami, bahwa apa banjir itu, tidak terlepas dari sistem DAS (daerah aliran sungai) dan kita coba untuk menjaga DAS ini dengan ekosistemnya dari hulu ke hilir, ini baik, Insya Allah paling tidak Samarinda ini secara bertahap tapi pasti banjirnya akan teratasi,” tegas Rusmadi.


Rusmadi dalam diskusinya menjabarkan tentang tiga faktor penyebab banjir, mulai faktor alam, engineering dan manusia.

Rusmadi mengharapkan agar mencintai lingkungan itu menjadi gaya hidup setiap warga.

Sebelumnya Hamdi Setyawan dari Bumitaka mengatakan sebagai pemuda mengaku prihatin melihat kondisi SKM saat ini.

“Yang kita lakukan sekarang, ya bagaimana kita menjaganya sekarang. Salam lestari,” ucap Hamdi.

Dalam kesempatan itu, wawali didampingi Kepala Dinas PUPR Samarinda Hero Mardanus Satyawan dan Camat Samarinda Utara Syamsu Alam.

Aksi ini sendiri juga dihadiri dari beberapa komunitas penggerak lingkungan diantaranya Samarinda Youth Spirit Samarinda, Gerakan Memungut Sampah Sungai Karang Mumus (GMSSKM), Komunitas Peduli Lingkungan Belimau, Forum Keluarga Mahasiswa Kabupaten PPU dan Duta Peduli Sampah.(DON/CHA/KMF-SMD)


Hadiri Dies Natalis, Rusmadi Berharap Unmul Bisa Lahirkan Sarjana Berkualitas

Berita Sebelumnya

Pelantikan DPP Ika Pakarti Kaltim Dihadiri Tiga Gubernur, Andi Harun Sampaikan Pepatah Jawi

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar