139 Kali

SAMARINDA. DISKOMINFONEWS – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Samarinda Hj Rinda Wahyuni Andi Harun membuka lomba Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang berlangsung di Aula Gedung PKK Kota Samarinda, jalan S Parman, Senin (20/09/2021).

Dalam arahannya saat membuka lomba tersebut, Rinda Wahyuni mengatakan jika keberhasilan pembangunan dipengaruhi oleh peran serta masyarakat terhadap fasilitas Pemerintah dalam bentuk pemberdayaan masyarakat dan juga dalam bidang kesehatan. 

Dimana jelas dia, Keterampilan kader serta pemanfaatan data Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) menurutnya menjadi komponen penting dalam menentukan kualtias pelayanan sosial yang ada di masyarakat.

“Gerakan PKK dengan 10 Program pokoknya bertujuan untuk memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan keluarga, kami sangat bersyukur program tersebut sudah berjalan dan saya mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu Camat dan Lurah, Ketua TP PKK Kecamatan serta Kelurahan hingga tingkat Rukun Tetangga (RT) yang telah mendukung PKK Kota Samarinda untuk melaksanakan semua program yang ada,” ucap Rinda.

Karena sambung dia, untuk menunjang keberhasilan kegiatan UKBM serta dalam rangka memberikan penghargaan atas usaha masyarakat dalam kegiatan UKBM, maka jelasnya TP PKK perlu melakukan inovasi dalam berbagai macam lomba dan secara berjenjang untuk memilih pelaksana terbaik.

“Ini bukan hanya sekedar lomba, tetapi juga untuk melihat sejauh mana program ini bisa berjalan di masyarakat mulai dari PKK  tingkat Kecamatan dan Kelurahan hingga ke tingkat RT. Saya berharap kegiatan ini bisa menjadi motor penggerak partisipasi semua pihak dalam wadah pembinaan bagi instansi Pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan dunia usaha,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa PKK sangat mendukung dan berharap semua stakeholder terkait harus memberikan dukungan dalam keterlibatannya sebagai juri. 

Nantinya setiap stakeholder yang hadir, tidak hanya mengkritisi apa yang disampaikan oleh peserta tetapi yang terpenting juga bisa memberikan masukan dan bimbingan teknis kepada peserta agar melakukan perbaikan dan peningkatan dalam upaya perbaikan UKBM di masyarakat.

“Saya juga berkeinginan PKK Kecamatan dan Kelurahan hingga para kadernya tetap menjadi agen pembangunan dan agen perubahan terdepan, terutama dalam peningkatan kesejahteraan keluarga. Karena kiprah PKK dilingkungan masyarakat juga merupakan salah satu ikon bergeraknya city sociaty dalam peningkatan kesejahteraan keluarga, ini juga sangat mendukung Pemerintah Kota Samarinda untuk berani berubah demi Samarinda menjadi Kota Pusat Peradaban,” pungkasnya. (FER/CHA/KMF-SMD)


Dampingi Kapolda, Wawali Tinjau Vaksinasi Massal di Buddhist Center

Berita Sebelumnya

Ayo Uji Talenta Mu Ikuti Samarinda Hackathon 3.0, Panitia Siapkan Hadiah Total Rp 30 Juta

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar