148 Kali

SAMARINDA.KOMINFONEWS-Para relawan Palang Merah Indonesia (PMI) kota Samarinda berkolaborasi dengan Pemkot Samarinda menggelar program wisata belanja lebaran dengan melibat 75 santri yatim.

Kegiatan belanja yang berlangsung di Samarinda Square Mal, para santri ini diberi kebebasan untuk berbelanja kebutuhan lebaran dengan kuota sebesar Rp 350 ribu per orang. Rangkaian kegiatan Selasa (25/4/2022) sore itu juga ditutup dengan buka puasa bersama dan sholat magrib berjamaah di mushola Ar Raudhah komplek gedung Balai Kota.

Ketua PMI Samarinda, Diky Zulkifli mengatakan program wisata belanja lebaran sendiri sudah berlangsung untuk keenam kalinya. Gerakan yang dipelopori oleh para relawan PMI ini jelasnya lebih kepada berbagi kebahagian bersama anak-anak yatim khususnya di moment bulan Ramadan.


“Program ini sempat tertunda dua tahun karena kondisi pandemi Covid 19 saat puncak-puncaknya dua tahun lalu dan alhamdulilah Ramadan tahun ini akhirnya bisa berjalan kembali,” tuturnya.

Tak lupa, Ia pun menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota yang telah berkenan memfasilitasi kegiatan buka puasa bersama sore itu. Ia berharap program tadi bisa terus berkelanjutan hingga di bulan Ramadan tahun depan dengan dukungan pemerintah untuk ikut membersamai.

Sementara, Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda Dr H Ali Fitri Noor mengungkapkan rasa syukurnya karena bisa berbuka bersama para santri. Asisten III Sekretariat Kota Samarinda ini mengapresiasikan gerakan rutin yang dilakukan para relawan PMI untuk berbagi kebahagian dan kecerian bersama para santri yatim setiap bulan Ramadan.

“Semoga tahun depan program ini kembali berjalan. Saya minta kedepan program tadi bisa dikoordinasikan lebih awal bersama pemerintah supaya kegiatan ini bisa maksimal dalam pengumpulan dana sehingga bisa menyentuh lebih banyak lagi santri yatim,”pinta Ali.


Ia menjelaskan, PMI merupakan mitra terdekat Pemkot Samarinda. Terlebih saat kasus pandemi Covid 19 mencapai puncaknya di kota Tepian. Peran PMI sangat membantu dalam mengevakuasi jenazah yang siap dikebumikan secara protokol Covid 19.

“Saya saksi jika PMI bergerak luar biasa khususnya saat penyebaran Covid 19 di level puncaknya, jadi tak heran jika pak Wali memberikan perhatian lebih kepada PMI,“ tuturnya.

Sebagai dukungan pemerintah tadi sambung dia, Wali Kota telah mengusulkan  untuk pengadaan kendaraan operasional PMI.

“Bahkan pak Wali Kota juga akan menyiapkan lahan untuk gedung sekretariat PMI nanti, jadi mohon doanya agar rencana ini biar segera terwujud, ”kata Ali Fitri disambut tepuk tangan para relawan.

Dalam kesempatan tersebut hadir dalam buka puasa bersama anggota DPD RI H Nanang Sulaiman.(CHA/ASYA/KMF-SMD)

61 Orang Perwakilan OPD di Lingkungan Pemkot Samarinda Ikuti Pelatihan MC

Berita Sebelumnya

Buka Puasa Bersama Pengurus HIPMI Kaltim, Wawali Terima 5000 Liter Minyak Goreng Curah

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar