78 Kali

SAMARINDA. Giliran Kawan Lama Foundation melalui manajemen Ace Hardware memberikan bantuan 3.000 masker medis dan 50 liter hand sanitizer sebagai pencegahan penyebaran Covid-19 kepada Pemkot Samarinda. Penyerahan bantuan yang juga dalam rangkaian Anniversary Ace Hardware ke-25 dilaksanakan di teras Rumah Jabatan Walikota Samarinda (3/8/2020).

 

Walikota Samarinda, Syaharie Jaang yang menerima langsung tak lupa mengucapkan terima kasih atas bantuan ini.

 

“Bantuan 3.000 masker, 50 liter hand sanitizer sangat berarti bagi Kota Samarinda. Sebenarnya Kota Samarinda sebelumnya sudah mau masuk Zona Hijau karena waktu masuk Fase Relaksasi Tahap III pada 1 Juli 2020 lalu, pasien Covid-19 yang masuk di Rumah Sakit Karantina tinggal 2 orang saja. Oleh sebab itu, kita sangat bersemangat dengan sosialisasi program-program kesehatan dan pencegahan Covid-19. Kita juga mulai buka beberapa tempat wisata, kita sempat ajak masyarakat bangkit lewat beberapa kegiatan kesehatan seperti gowes bersama. Tetapi Allah berkehendak lain, pasien Covid-19 terus bertambah di Kota Samarinda,” ucap Jaang.

 

Makanya lanjut Jaang, ia mengingatkan kepada seluruh staf Pemkot Samarinda dan seluruh masyarakat  tidak boleh takabur.

 

“Sampai sekarang ini permasalahan yang sangat serius kita hadapi. Kita tahu bahwa WHO menganjurkan jaga jarak, menggunakan masker, cuci tangan harus terus kita patuhi karena sangat penting untuk mencegah penyebaran Covid-19,” jelas Jaang.

 

Menurut orang nomor satu di Kota Tepian tersebut, transmisi lokal ini harus  diwaspadai.

 

“Transmisi lokal awal masuknya itu dari RSUD IA Moeis yang pada saat itu 19 nakes langsung kena dan kita karantina. Alhamdulillah sekarang sudah sembuh. Saat ini transmisi lokal masuk lagi di RSUD AW Sjahranie. Bukan hanya Samarinda yang terus bertambah. Bahkan Balikpapan, Kukar kasus positif Covid-19 dilaporkan juga bertambah,” ungkap Jaang.

 

Dilaporkan juga, mobil laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk penanganan Covid-19 segera datang dan bisa sebagai media tes yang cepat, karena kalau sekarang kendalanya bisa 3-4 hari untuk mengetahui hasil tes.

 

“Menurut informasi tidak hanya untuk menangani Covid-19 saja, tetapi mobil ini juga bisa untuk menangani penyakit TBC, HIV, demam berdarah dan lainnya,” paparnya.

 

Harapan Jaang kegiatan ini juga menjadi contoh bagi para pihak lainnya, apakah swasta atau foundation dan orang-orang yang perduli.

 

“Kalau bukan kita siapa lagi yang berbuat untuk rakyat kita. Karena kondisi Samarinda sampai sekarang masih ada peningkatan kasus Covid-19. Tetapi kita juga bersyukur tingkat kesembuhan juga tinggi. Bantuan ini sebagai semangat dan motivasi bagi kami warga Kota Samarinda. Insya Allah dengan kerja kita bersama kondisi ini bisa kita atasi bersama, sehingga ekonomi sosial kemasyarakatan bisa kembali berjalan dengan baik, bisa tumbuh kembali,” harapnya.

 

Yang lebih penting katanya seluruh masyarakat, pekerja, pengusaha kembali bisa tersenyum dengan aktifitas normal yang menjadikan Walikota Samarinda beserta jajarannya juga bisa tersenyum dengan baik.

 

“Tetapi kalau rakyatnya dalam kondisi kesusahan, maka ini menjadi kesedihan bersama. Saya berusaha semoga  Samarinda tidak lock down karena tidak gampang menentukan lock down tersebut. Saya tahu persis bagaimana kondisi ekonomi, sosial masyarakat diterpa pandemi Covid-19 ini,” timpal Jaang. 

 

Sementara itu Staff Manager Ace Hardware Big Mall Samarinda, Heru Prasetyo menjelaskan kegiatan ini adalah salah satu bentuk dalam rangkaian dari CSR Kawan Lama Foundation aksi kemanusiaan untuk Covid-19 di Kota Samarinda.

 

“Jangan dilihat dari nilainya apa yang bisa kami berikan, tetapi bisa bermanfaat bagi kita semua. Di Samarinda adalah kota yang ke-24 dari 25 kota yang melakukan kegiatan ini dari Kawan Lama Fondation,” tutupnya. (bay/don/kmf-smd)




Lanjutan Penertiban Bantaran SKM, 5 Agustus Warga Diminta Tidak Melewati Pasar Segiri

Berita Sebelumnya

Pemkot Beli Mobil PCR, Fungsinya Banyak Bisa Uji Lab TBC, HIV Hingga Demam Berdarah

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar