1382 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Wakil Ketua Tim Penggerak PKK kota Samarinda Hj Herli Warsita Rusmadi mengapresiasi Kampung KB Warna Warni kelurahan Masjid kecamatan Samarinda Seberang yang mewakili kota Samarinda pada Lomba Bangga Kencana Kesehatan tingkat provinsi Kalimantan Timur.

Tak hanya mengapresiasi, pada kesempatan Rapat Koordinasi dan Monev Kampung KB Warna Warni Kencana, Herli yang juga isteri Wakil Wali Kota Samarinda ini memberikan motivasi sekaligus “resep” agar bisa diterapkan sehari-hari dan bisa kembali mewakili Samarinda di tingkat nasional seperti tahun lalu dari kelurahan Dadi Mulya.

“Tentunya tujuan utamanya bukan untuk lomba, tapi memang sebagai kebutuhan kita dalam sehari-hari. Lomba itu hanya bagian kecilnya saja, dan meraih juara adalah bonusnya. Tapi bagaimana kita di masyarakat bisa melaksanakan program-programnya dan tujuan yang diharapkan tercapai,” ungkap Herli dalam arahannya pada kegiatan yang berlangsung di MTS Darul Muta’alimin jalan Mas Penghulu kelurahan Masjid, Kamis (27/1/2022).

Tentunya lanjut Herli yang utama dalam mengimplementasikan 8 fungsi keluarga tadi mulai fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi dan fungsi pembinaan lingkungan.

“Tentunya ini semua perlu sentuhan para kader. Dalam melaksanakan tentunya dibutuhkan material, selain berharap dukungan CSR dan donatur, ibu-ibu jangan khawatir dari Pemerintah Kota melalui program Pro Bebaya bisa mendukung kegiatan ini. Tinggal dilakukan rembuk bersama warga lainnya dalam memanfaatkan dana Pro Bebaya yang dikelola tiap RT masing-masing Rp 100 juta,” ungkap Herli lagi.


Jadi kedepannya lanjut Herli tidak ada lagi hambatan dengan adanya program Pro Bebaya ini.

“Warga, termasuk PKK, Posyandu, dasa wisma, lakukan urun rembuk bersama warga. Apa yang menjadi hambatan bisa disampaikan dan disolusikan lewat anggaran Pro Bebaya tadi. Melalui dana Pro Bebaya akan memudahkan dalam membentuk lingkungan yang berkualitas,” terangnya.

Senada disampaikan pula kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Samarinda Nurul Mu’minyati.

“Dalam lomba ini sebenarnya bukan juaranya dilihat, tapi peningkatannya. Bahwa kita sudah melaksanakan dari sisi kesehatannya, lingkunganya. Dimana keluarga berkualitas itu dilihat dari kesehatannya. Kalau sudah sehat pendidikannya sudah baik pula, tentunya didukung dengan ekonomi keluarga yang baik,” paparnya.

Begitu pula Sekretaris Dinas Kesehatan Samarinda dr Irama Madjid mengatakan mereka selalu berkolaborasi dan berkoordinasi dengan program Bangga Kencana Kesehatan ini.

“Misalnya tiap-tiap Puskesmas melakukan pembinaan di tiap-tiap wilayahnya,” contoh Irama.

Dalam kegiatan itu juga dilakukan pemaparan ketua Kampung KB Makmur Lestari Imam Muhdori, Pimpinan Puskesmas Mangkupalas dr Deasi Nursanti, PKK Dadi Mulya Gusti Helda, dan PKK kota Samarinda Erminawati.(DON/KMF-SMD)

Rusmadi Bahas Alat Pendukung Kebencanaan Hingga Asuransi Kecelakan Bersama Para Relawan

Berita Sebelumnya

Target Tiap Hari Rp32,1 Juta Setoran dari Retribusi Parkir

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar