165 Kali

    SAMARINDA. Walikota Samarinda Syaharie Jaang terus gencar mengembangkan sektor wisata agar tak terpaku dengan PAD bersumber dari SDA. Tak ayal, memetik cabai pun diliriknya.

    "Panen cabai seperti ini  program yang harus terus dikembangkan. Tidak menutup kemungkinan daerah ini akan semakin banyak dikunjungi para wisatawan dengan telah dibukanya penerbangan langsung dari Bandara APT Pranoto menuju beberapa kota besar di Pulau Jawa,” ucap Jaang dalam sambutannya pada temu Lapang Dalam Rangka Panen Cabai di Kelompok Tani Suka Maju Kampung Jawa Kelurahan Pampang Kecamatan Samarinda Utara,(22/11).

    Karena sebut Jaang, Pemkot Samarinda telah mengunggulkan daerah Pampang menjadi daerah destinasi tujuan wisata. “Ada dua daerah yang saya unggulkan di Kota Samarinda sebagai destinasi wisata Budaya Pampang dan kampung tenun Samarinda Seberang bukan hanya nasional bahkan targetnya internasional," tandas Jaang.

    Dikemukakan Jaang, beberapa pekan lalu mereka bersama Lurah, Kepala Adat dan lainnya melakukab studi tiru di desa wisata adat Panglipuran di Bali. "Bagaimana di sana  yang sangat luar biasa, bisa dikembangkan di Samarinda akan diimplementasikan. Harapan saya kedepannya dijaga dengan baik kalau bisa panen seperti ini dijadikan suatu destinasi wisata baru dengan cara wisatawan ingin melihat bagaimana orang memanen cabai, durian, kelapa sawit atau ikut memetik langsung di kebun,” harap Jaang.
Selain panen cabai juga dilaksanakan penyerahan bantuan dari APBN dan APBD kepada petani secara simbolis dalam bentuk sertifikat antara lain sapi dari Australia 11 ekor, sapi pejantan ada 3 ekor, kambing 33 ekor dan bantuan alat pertanian 10 unit.

    “Intinya ketahanan pangan itu harus tetap dijaga, karena bila suatu negara ketahanan pangannya kurang, tentu masyarakatnya akan bergejolak. Dan yang mendapat bantuan itu harus digunakan dengan baik serta terus berkembang,” tutup Kadis Pertanian Ary Yasir Pilipus.

    Walikota bersama istri Puji Setyowati didampingi Dandim 0901/ Samarinda Letkol Inf M Bahrodin, Kepala Dinas Pertanian, Danramil Suntara, Camat Samarinda Utara M Ramdani, Plh Kepala Diskominfo Samarinda Masrullah berkesempatan secara simbolis memetik langsung cabai di perkebunan milik Kelompok Tani Suka Maju. (Kmf5)

Penulis: Afdani

Kick Off Kampung Berseri Astra di Kelurahan Pampang

Berita Sebelumnya

Jaang ‘Mewisuda’ Lulusan Mini University BI

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar