66 Kali

    SAMARINDA. Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Samarinda memantau langsung kegiatan Misa Natal di gereja-gereja, baik Katholik maupun Protestan di kota Samarinda, yang langsung dipimpin Walikota Samarinda Syaharie Jaang, Senin (24/12) malam.

    Malam itu, Jaang didampingi Ketua FKUB KH Zaini Naim, Kapolresta Kombes Pol Vendra Riviyanto, Dandim 0901 Letkol Inf. Bahroddin, Kepala Kemenag Masdar Amin, Plt. Satpol PP  M Darham, Kepala Kesbangpol Tejo Sutarnoto, Kadishub Ismansyah, Kabag Kesra Abdul Jami, Kabag Humas dan Protokol Syahruddin, Sekretaris Diskominfo Kota Samarinda Masrullah beserta rombongan lainnya.

    Diawali di Gereja GPIB Eben Haezer, belakang Robinson Jl M Yamin, tinjauan dilanjutkan di Gereja Santa Lukas Jl. Ahmad Yani, kemudian Gereja Immanuel Belakang Kantor Gubernur dan Gereja Katedral Santa Maria yang masih dalam tahap finishing pembangunan Jl Jendral Sudirman.      

    “Kunjungan sekaligus silaturahmi malam ini tidak lain, kita bersama unsur Forkopimda Kota Samarinda ingin menyapa secara langsung kepada seluruh umat Kristen baik Katolik dan Protestan yang ada di Kota Samarinda. Selain itu bahwa Pemkot Samarinda dan unsur Forkopimda ingin bersama– sama melihat secara langsung suasana damai tentram yang ada di Kota Samarinda bisa terus terjaga,” terang Jaang.

    Memang pada gereja-gereja terlihat ada penjagaan dari aparat, menurut Jaang bukan berarti kota Samarinda tidak aman tetapi sudah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan untuk menghindari hal–hal yang tidak diinginkan, agar para jemaat bisa menjalankan Ibadah Malam Natal dengan baik tanpa rasa khawatir.

    “Komitmen kita bersama adalah semoga kerukunan umat beragama di Kota Tepian ini terus berjalan dengan baik. Karena bagaimanapun perencanaan pembangunan kota Samarinda kalau suasana tidak aman atau kurang baik maka akan jadi suatu hambatan,” katanya.

    Menurutnya dari keseluruhan tinjauan langsung ini kegiatan keagamaan di Kota Samarinda secara umum bisa dikatakan berjalan dengan baik dan lancar. Dan jika ada hal–hal yang mencurigakan supaya bisa diinformasikan kepada petugas aparat.

    “Kami semua juga mengucapkan duka cita kepada saudara-saudara kita yang terkena bencana Tsunami di Tanjung Lesung, Anyer, Banten, Lampung, kiranya agar kita bisa saling doa mendoakan untuk seluruh keluarga,” jelasnya

    Sementara itu Kapolresta Samarinda Kombes Pol Vendra Riviyanto menegaskan bahwa untuk pengamanan Natal ini pihak Kepolisian sangat all out sesuai SOP dibantu TNI, Ormas dan lainnya. “Dari kurang lebih 160 Gereja yang ada di Kota Samarinda tetapi hanya 108 Gereja yang melaksanakan kegiatan Perayaan Natal. Dan Kepolisisan beserta TNI sudah menjalankan tugas sesuai SOP serta tinjauan ini juga sekaligus melihat sejauh mana kesiapan anggota aparat dalam melakukan pengamanan guna memberikan kenyamanan bagi umat Kristen yang menjalankan Ibadah,” pungkasnya.

    Dalam kunjungan itu, rombongan mendapat sambutan hangat para pastor dan pendeta, bahkan Uskup Agung Samarinda Mgr. Yustinus Harjosusanto, M.S.F, Pastor Paroki, Pastor Petrus Prillion Ibardabouth Binseng, Pendeta Elmy R.T

    Pada Kesempatan tersebut Jaang didampingi Sekretaris Diskominfo Masrullah juga meninjau progres Tugu Parasamya Purna Karya Nugraha di depan simpang Mall Lembuswana Kota Samarinda. (kmf5)

Penulis : Afdani

Walikota Samarinda Terima Anugerah Kencana Nasional

Berita Sebelumnya

Jaang: Jangan Takut Beli Tiket Pesawat

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar