388 Kali

SAMARINDA. TP PKK Kota Samarinda berharap penuh peranan dari para kader Posyandu di Kota Samarinda untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan menggencarkan kegiatan Berjarak alias Bersama Jaga Keluarga Kita.


“Hari ini kami melakukan penyuluhan singkat dengan jumlah terbatas dan diikuti kader Posyandu Bougenvile Bengkuring yang pertemuannya secara protokol kesehatan Covid-19. Pertemuan dalam giat bernama Berjarak ini penting untuk bersama-sama kita memutus mata rantai penyebaran covid-19 melalui peran kader Posyandu,” ucap Ketua TP PKK Kota Samarinda, Puji Setyowati dalam arahannya di halaman Posyandu Bougenville Perumahan Bengkuring Sempaja Timur, Samarinda Utara, Rabu (6/5).


Terlebih lagi tekan Puji, beberapa hari ini di ibukota Kaltim terjadi lonjakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Bahkan yang terkonfimasi positif per Sabtu 2 Mei naik drastis 6 orang, sehingga yang terkonfirmasi positif Covid-19 hingga Selasa 5 Mei 25 orang dan PDP 6 kasus.


“Penting bagi kami untuk turun ke posyandu yang telah dipilih sesuai kondisi lapangan agar para kader menyampaikan kanan-kirinya jika memang harus keluar rumah yang memang mengharuskan keluar gunakan selalu masker untuk benteng bukan gagah-gagahan,” ungkap isteri Walikota Samarinda.


Selain itu lanjut Puji agar kader menyampaikan untuk sering-sering mencuci tangan sebagai pemati virus dan terus membiasakan pola hidup bersih sehat.


“Diam di rumah aja dengan pola hidup sehat berupa asupan gizi sehat dan asupan kasih sayang juga sebagai penangkal virus. Satu lagi pesan kami, jangan mudik lebaran,” tandasnya.


Senada juga ditambahkan Wakil Ketua TP PKK Samarinda, Siti Saniah Barkati dalam memerangi Covid-19 ini perlu kebersamaan dan gotong-royong, serta komitmen warga agar bisa segera keluar dari wabah ini.


Sementara Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Samarinda, Deasy Evriyani mengatakan kegiatan Berjarak ini dilaksanakan berdasarkan edaran dari Kementerian PPPA dan SE TP PKK Provinsi.


“Dengan tidak diaktifkannya kegiatan rutin Posyandu, maka sebagai bentuk perhatian dan pengawasan sederhana kepada masyarakat, kita menggencarkan kegiatan Berjarak,” terang Deasy.


Selain sosialisasi memerangi Covid-19 sebut Deasy, TP PKK bersama kader posyandu mendatangi anggota sambil memberikan penyuluhan dan mengajarkan pemanfaatan buku KIA untuk memantau tumbuh kembang bayi dan balita. Adapun bantuan yang diberikan berupa masker, stiker Celekit (Cegah Sebelum Sakit), hand sanitizer, makanan tambahan bagi anggota posyandu.


Dari Posyandu Bougenville dilanjutkan ke Posyandu Rahayu Jl S Parman, Kelurahan Temindung Permai Sungai Pinang. (KMF2)


Penulis: Doni —Editor: Redaksi

Jaang Kembali Terima Bantuan APD, Masker dan Paket Sembako Dari Perusahaan Batubara

Berita Sebelumnya

Giliran 5.000 Paket Sembako Dari Presiden Akan Disalurkan Khusus Tak Terdaftar di Kemensos RI

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar