14 Kali

SAMARINDA. Tim Penggerak PKK Kota Samarinda melaksanakan gebyar lomba-lomba dalam rangka persiapan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 47 tahun 2019 tingkat kota Samarinda.

“Memang hajatannya lomba untuk persiapan HKG ke 47, tapi tentunya tujuan akhirnya mencetak kader-kader PKK mandiri sesuai dengan 10 program PKK,” ucap ketua TP PKK Samarinda Puji Setyowati Jaang dalam sambutannya ketika membuka rangkaian lomba di aula rumah jabatan walikota, pekan tadi.

Menurut Puji, melalui lomba ini sekaligus menjaring kader terbaik sebagai kader luar biasa. “Mari kita terus meningkatkan kinerja program PKK selaras dengan program pemerintah. Harapan kita, PKK terus menebarkan wangi harum di kota Samarinda sesuai dengan filosofi lambang PKK bunga yang bergandengan tangan, saling melengkapi kekurangan yang ada, bersama-sama membangun keluarga, mewujudkan keluarga sejahtera,” tegas Puji.

Menurut Puji lagi, lomba ini bukan hanya sekedar lomba mencari juara, tapi diharapkan pula menjadi budaya kegiatan rutin kader PKK.

“Siapa yang menjadi juara pertama, akan dibawa ke HKG tingkat propinsi yang Insya Allah dilaksanakan di Kutai Timur 24-27 Juni,” imbuhnya.

Sebelumnya ketua Panitia Zahrotul Juniar menyampaikan bahwa kegiatan dengan ini mengambil tema Tingkatkan Kinerja Gerakan PKK Selaras dengan Program Pemerintah, dengan tujuan memotivasi para kader dalam rangka mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera, meningkatkan wawasan pengetahuan para kader PKK tentang 10 program pokok PKK.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka HKG ini selama dua hari, 25-26 April kemarin, sebut Juniar--demikian Zahrotul disapa terdiri dari lomba-lomba, sosialisasi pencegahan stunting menuju Kaltim Sehat 2020 dan Senam Happy dan Kerja Bakti “Bersih-Bersih Lahir Bathin”.

Sedangkan lomba-lomba yang dilaksanakan mulai sekretariat hingga semua Pokja, terdiri dari lomba penyuluhan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) dengan tema traficking, lomba Administrasi Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), lomba penyuluhan Bina Keluarga Berencana (BKB), lomba peragaan busana, lomba rias wajah, lomba tebak tenaman, lomba penyuluhan pencegahan stunting menuju Kaltim Sehat 2020 dan lomba penyuluhan tentang administrasi keuangan dan data PKK.

“Jumlah peserta untuk lomba sebanyak 90 orang, sedangkan sosialisasi pencegahan stunting sebanyak 50 dan senam happy dan kerja bakti sebanyak 150 orang,” pungkasnya.(kmf2)

Penulis: Doni/Levy

Perkuat SDM Jurnalistik, Diskominfo Bertandang ke Smile Group Yogyakarta

Berita Sebelumnya

Palaran Juara Umum MTQ ke 41

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar