79 Kali

SAMARINDA. Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 41 tingkat kota Samarinda tahun 2019 dengan tuan rumah kecamatan Samarinda Utara yang dilaksanakan di kelurahan Sei Siring 20-27 April, tampaknya menjadi pelaksanaan yang ‘wah’ sepanjang ini. Dengan disiapkan pendanaan Rp 1 miliar oleh panitia dengan sumber kontribusi donatur, hadiah kepada para pemenang mendapat tambahan total Rp 50 juta juga 6 umroh bagi peserta terbaik.

Bukan hanya itu, pada pembukaan MTQ di lapangan Perumahan Puspa Juwita kelurahan Sungai Siring, Sabtu (20/4) malam juga dimeriahkan dua artis ibukota, Fatin Shidqia Lubis yang juga qoriah dan penyanyi religius Opick.

MTQ kali ini kembali diikuti 10 kafilah yang terdiri dari tuan rumah kecamatan Samarinda Utara sebanyak 45 peserta, Sungai Pinang mengirimkan 46 peserta, Samarinda Ilir 41 peserta, Sambutan 40 peserta, Samarinda Kota 33 peserta, Samarinda Ulu 41 peserta, Sungai Kunjang 36 peserta, Samarinda Seberang 37 peserta, Loa Janan Ilir 38 peserta dan Palaran 44 peserta.

Mereka akan mengikuti tujuh lomba yang dipertandingkan mulai cabang Tilawah, Thahfizh, MKQ, MFQ, MSYQ dan lomba MMQ.

Kepala Kantor Kementerian Agama Samarinda Masdar Amin mengharapkan pada MTQ tahun ini bisa diciptakan para juara yang siap dikirim ke MTQ tingkat provinsi Kaltim pada September 2019 mendatang di kabupaten Paser.“Mudahan bisa menghasilkan para juara yang siap untuk MTQ tingkat provinsi,” ungkap Masdar.

Sementara laporan panitia yang dibacakan Khairudin mewakili ketua Panitia Suharso, menyampaikan laporan keuangan yang dipersiapkan selama kegiatan MTQ berlangsung, dimana total lebih Rp 1 miliar yang mana sebagian disumbang Suharso, putra dari Suharso Yongki, PT Lana Harita dan donatur lainnya.

“Bapak Suharso untuk kegiatan Rp 300 juta, kemudian untuk mendatangkan artis sekitar Rp 280an juta, penambahan hadiah bagi pemenang Rp 50 juta, 11 rumah untuk pemondokan bagi 10 kafilah digratiskan, cleaning servis 15 juta, hadiah 3 umroh dengan total hampir Rp 900 juta, ditambah lagi Rp 40 juta dari PT Lana Harita, pemondokan dewan hakim bantuan Yongki. Jadi semua lebih dari Rp 1 miliar,” bebernya.

Walikota Samarinda Syaharie Jaang menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi kepada panitia, karena berkat kebersamaan dan kepedulian dari salah tokoh masyarakat Sungai Siring yang begitu besar, kegiatan penyelenggaraan MTQ tidak menyisakan hutang.

“Terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak. Yang jadi harapan kita, pada MTQ ini tidak hanya mencari siapa yang juara. Tapi bagaimana Al Quran sebagai pedoman hidup kita berbangsa dan bernegara,” harap Jaang.

Di kesempatan itu, masih dalam sambutannya Jaang menyampaikan tambahan sumbangan untuk hadiah. “MTQ ke 41 ini, bukan hanya 3 umroh, tapi 6 umroh karena ada tambahan 3 umroh lagi dari Ananda Yongki putra bapak Haji Suharso,” beber Jaang.

Pada MTQ kemarin lengkap dihadiri jajaran FKPD dan pejabat diantaranya Sekda Samarinda Sugeng Chairuddin, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Vendra Riviyanto, Dandim Samarinda Letkol Inf Bahrodin, Wakil Ketua DPRD Samarinda Achmad Sukamto, Ketua MUI Samarinda KH Zaini Naim, ketua LPTQ Samarinda Tejo Sutarnoto, ketua PKK Samarinda Puji Setyowati Jaang, ketua DWP Titing Qomariati Sugeng, Asisten dan kepala OPD juga Camat dan Lurah.(kmf2)

Penulis: Doni

Jaang : Apapun Hasilnya Pemilu, Kota Samarinda Harus Tetap Kondusif

Berita Sebelumnya

Pejabat Pemkot Nishfu Sya'ban Di Sungai Siring

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar