244 Kali

SAMARINDA. Walikota Samarinda Syaharie Jaang berpesan generasi penerus bangsa walaupun pintar jangan sampai merongrong bangsa, sehingga berpotensi menghancurkan negara. Hal ini disampaikannya ketika membuka Web Seminar (Webinar) dengan tema " Anak Terlindungi, Indonesia Maju dengan slogan Anak Indonesia Gembira Di Rumah" dalam rangka Hari Anak Nasional (HAN) melalui Video Conference (17/07/2020) di Ruang VIP Rumah Jabatan Walikota Samarinda.

 

Acara tersebut juga disertai pemaparan materi oleh narasumber antara lain dari Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Provinsi Kaltim Siti Mahmuda Indah Kurniawati, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Samarinda Desy Evriyani dan Ketua Forum Anak Kota Samarinda Anisa Azizah Akbar.

 

Jaang mengatakan peringatan HAN tahun ini memang berbeda karena adanya pandemi Covid-19. Dia mengatakan bahwa anak–anak ini semua adalah harapan bangsa dan negara.

 

“Ibaratnya investasi di bidang Sumber Daya Manusia (SDM) tidak akan sama dengan investasi di bidang usaha atau swasta. Yaitu yang hari ini investasi besok, lusa atau sebulan kedepan kita sudah bisa lihat hasilnya,” ucap Jaang.

 

Tapi lanjutnya investasi SDM itu hari ini investasi membuat komitmen, maka 20-25 tahun lagi baru akan bisa dilihat hasilnya.

 

“Sebagaimana anak-anak yang hadir disini ada SD, SMP, SMA yang mungkin sekarang berumur 10-15 tahun dan 20 tahun lagi akan berumur 35 tahun. Disana kita akan lihat hasilnya, apa yang kita persiapkan mulai hari ini sebagai anak-anak yang tangguh, berakhlak mulia, produktif yang menguasai teknologi dan informasi,” katanya.

 

Namun demikian lanjutnya, harus tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

“Ini yang sangat penting, jangan sampai nanti lantas sudah pintar tetapi merongrong bangsa dan negara. Oleh sebab itu, saya berpesan pada semuanya ikuti acara ini dengan baik. Saya ingatkan bahwa masa depan depan bangsa dan negara ini ada di pundak anak-anakku semua. Kami sebagai orang tua mendoakan supaya sehat semua, serta menjadi anak-anak yang sukses,” katanya.

 

Dikatakan juga selain itu meski sekarang masa pandemi Covid-19 agar tetap belajar yang tekun dan baik, melaksanakan apa yang ditentukan pendidikan termasuk agama, mengikuti nasehat yang baik dari guru dan orang tuanya.

 

“Menghormati orang yang lebih tua dan sebagainya itu salah satu kontribusi sangat besar di masa mendatang untuk hidup bernegara dan berbangsa,” jelasnya.

 

Perlu diketahui ungkapnya, Kota Samarinda saat ini dalam tahap pembangunan terutama fsilitas umum seperti taman-taman yang terus dibenahi.

 

“Kita persiapkan yang terbaik untuk masyarakat, serta anak-anak Kota Samarinda. Ruang-ruang terbuka hijau, ruang bermain bagi anak-anak dan keluarga terus dikembangkan. Tahun ini Pemkot Samarinda juga membangun taman yang besar yaitu dekat Masjid Daarun Ni’mah di Tepian Mahakam mendekat ke Jembatan Mahakam,” ungkapnya.

 

Diharapkan Jaang taman tersebut bisa selesai pada tahun ini, sehingga menambah fasilitas bagi anak-anak untuk bermain, serta menambah wawasan fikiran walaupun saat sekarang dalam keadaan pandemi Covid-19.

 

Sementara itu Ketua TP PKK Samarinda Puji Setyowati yang juga Anggota Komisi IV DPRD Kaltim menambahkan, peringatan HAN merupakan momentum penting bagi seluruh komponen bangsa untuk menjamin pemenuhan hak atas hidup, tumbuh dan berkembangnya anak.

 

“Meski lewat virtual hari ini kita patut bergembira karena bisa memperingati Hari Anak Nasional yang nanti akan bertepatan pada 23 Juli. Hari Anak Nasional yang kita peringati pada tiap tahun tentunya mempunyai sebuah makna yang berbeda-beda,” katanya.

 

Ia mengharapkan anak-anak Indonesia memahami apa yang harus dilakukan agar 25 tahun yang akan datang bisa tersenyum bahwa anak-anak bangsa terlahir menjadi generasi yang sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia.

 

“Tentunya anak-anak yang saat ini bergabung di Forum Anak bisa menyesuaikan diri dalam memasuki pada fase yang akan datang. Kami titipkan kepada semua pihak bahwa putera puteri kita adalah generasi yang siap menggantikan masa depan yang cemerlang.  Bangga dan bahagia meski dimasa pandemi Covid-19 kita masih bisa menyelenggarakan kegiatan-jegiatan seminar melalui virtual seperti ini,” ucap Puji yang juga anggota Komisi IV DPRD Kaltim.

 

Ikut hadir dalam acara virtual tersebut Asisten I Tejo Sutarnoto, Kepala DP2PA Fiterman, Sekretaris Diskominfo Dian Ruhendra, Kabag Kesra Abdul Jami, Kepala Sekolah terkait, Forum Anak Kaltim, Forum Anak Kota Samarinda Perwakilan dari SMKN 1, SMKN 3, SMKN 4, SMKN 5, SMKN 6, SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 6, SMAN 8, SMAN 9, SMAN 11, SMAN 15 serta beberapa sekolah swasta. (bay/don/kmf-smd)



Transparansi Anggaran Covid-19, Hearing Pansus Bersama Gugus Tugas Disiarkan Langsung

Berita Sebelumnya

Hasil Tes Swab Jaang dan Isteri Negatif

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar