60 Kali

SAMARINDA. Pengemis dan Anak Jalanan (Anjal) masih menjadi fokus permasalah serius yang terus dituntaskan oleh Pemkot Samarinda. Bahkan Walikota Samarinda, Syaharie Jaang mengintruksikan kepada aparat Satpol PP bersikap tegas untuk langsung menangkap aktifitas para anjal yang dikoordinir oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
Dalam Rapat Koordinasi penanganan anak-anak jalanan serta gelandangan dan pengemis yang berlangsung, Senin (22/10) pagi diaula Rumah Jabatan Walikota, Jaang berharap semua pihak termasuk Camat, Lurah dan RT agar bisa berperan untuk memerangi masalah sosial di kota Tepian.
”Itu dia kenapa pagi ini saya meminta untuk mengundang Camat dan Lurah, maksudnya agar  bisa membantu mendeteksi markas keberadaan para anjal dan gepeng ini di wilayah yang ada di Samarinda. Kalau ada kumpulan yang mencurigakan dan tak terdata oleh pihak RT langsung aja kita tangkap,” pinta Jaang.
Bahkan Walikota Samarinda ini juga menyoroti kinerja aparat Satpol PP yang dianggap kurang jeli menghadapi permasalah sosial saat ini.
Jaang menganggap Satpol lamban dalam menyikapi masalah gepeng dan anjal, sehingga memberikan ruang gerak kepada pengemis tadi untuk menjalankan aktivitasnya.
”Harusnya tugas Satpol PP itu patroli setiap hari, jangan sampai ada peminta-minta  hingga sampai berjam-jam di jalan menjalankan aktivitasnya karena lambat ditangkap,” keluh Walikota. Padahal tambah Jaang, melihat jumlah personil Satpol yang berjumlah 540 orang sudah mencukupi untuk menjalankan tugasnya masing-masing. Bukan malah sebaliknya, tunggu intruksi baru bergerak atau kumpul rame-rame pas Pemkot ada  acara.
”Padahal tugas Satpol sebagai penegak Perda, jadi harus bersikap seperti penegak hukum bukan malah seperti preman ikut mencuri kesempatan dalam kesempitan. Jadi  Saya minta kalau bisa kedepan sudah ada personil yang bertugas 24 jam secara bergantian, menjaga tempat-tempat yang kerap menjadi aktivitas anjal dan pedagang kaki lima,” tegasnya.(kmf4/kmf2).
Penulis: echa

Jaang Peringati HSN Bersama Ribuan Santri

Berita Sebelumnya

Sekda Kampanyekan Program Transaksi Non Tunai

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar