1155 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Untuk pertama kalinya, Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun secara resmi melakukan peluncuran Kampung Zakat di Masjid Jabal Nur, Jalan Wolter Mongonsidi, Samarinda Ulu, Selasa (12/4/2024) malam.

Kedatangannya didampingi Wakil Wali Kota (Wawali) Samarinda Dr H Rusmadi dan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Samarinda Widyasmoro Eko Prawito sekaligus berbuka puasa bersama warga Kelurahan Dadi Mulya yang berada di sekitar lingkungan Masjid Jabal Nur.

Menurut Andi Harun, adanya kampung zakat ini akan mampu menumbuhkan motivasi dalam pengumpulan zakat, infak, dan sedekah secara maksimal pada tahun ini.

"Di mobilisasinya kesadaran dan motivasi untuk mengumpulkan zakat, membayarkan zakat, infak, dan sedekah. Diipastikan imi dapat menjadi trigger alias pemicu bagi peningkatan perekonomian masyarakat. Menurut perspektif Islam, zakat itu menciptakan kemaslahatan sosial," ucap Andi Harun.


Dia juga meminta kepada seluruh camat untuk membuat program yang sama, agar masyarakat membayar zakat pada lembaga yang tepat. Menurut dia, Baznas merupakan sebuah lembaga yang resmi ditunjuk oleh negara sebagai pengumpul dan penyalur zakat.

"Pada tahun ini khususnya untuk zakat fitrah termasuk infak dan sedekah di kalangan pejabat dan ASN (Aparatur Sipil Negara, Red) maupun non ASN yang hampir menyentuh angka kurang lebih 16.000 orang se-Kota Samarinda, nanti akan kita buat tempat atau kedai zakat di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda supaya mobilisasinya masif," ungkap orang nomor satu di Kota Tepian ini.

Usai memberikan sambutan, Andi Harun kemudian menandatangani piagam peresmian Kelurahan Dadi Mulya sebagai kampung zakat. Selanjutnya, nanti ke depan ia akan memberikan surat edaran kepada tiap camat dan lurah untuk menggalakkan kampung zakat ini dan bisa diikuti oleh seluruh kecamatan di Kota Samarinda.

Di sisi lain, ada pula marbot masjid, petugas kebersihan, dan petugas keamanan yang menerima manfaat dari kegiatan tersebut. Terutama berupa penyaluran BPJS Ketenagakerjaan yang diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota dan Wawali. (FER/HER/KMF-SMD)

Tasyakuran HUT ke 48 Perumdam, Andi Harun Apresiasi Kemajuan Kinerja Pelayanan

Berita Sebelumnya

Bahas Peredaran Narkoba Dalam Dialog Bersama TVRI, Wawali Sebut Keluarga Adalah Kunci

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar