94 Kali

SAMARINDA. Komitmen memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat meskipun di daerah perbatasan, Pemkot Samarinda yang telah membangun Puskesmas Bantuas Palaran kini bertambah lagi pelayanannya dengan hadirnya gedung rawat inap yang merupakan program Corporate Social Responbility (CSR) Pertamina EP Sangasanga Field.

Gedung rawat inap Puskesmas Bantuas kecamatan Palaran yang terletak di perbatasan Samarinda-Kutai Kartanegara diresmikan bersama oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda Sugeng Chairuddin, Asset 5 GM Pertamina EP Irwan Zuhri disaksikan SKK MIGAS, Dinas Kesehatan, Camat Palaran Suwarso dan Lurah se-Palaran serta tokoh masyarakat, Rabu (10/7).

Dalam Sambutannya, Sekda Sugeng berterima kasih kepada pihak Pertamina EP Sangasanga Field atas CSR dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di Kelurahan Bantuas.

"Komitmen Pak Wali bagaimana kita menyiapkan pelayanan kesehatan penyanggah. Jadi tak perlu lagi jauh-jauh ke kota. Di Palaran ini ada dua puskesmas rawat inap, yakni Rawa Makmur dan Bantuas. Hari ini kita mendapat tambahan gedung rawat inap baru dari pertamina, sehingga makin meningkatkan pelayanan," ucap mantan Camat Sungai Kunjang ini.

Sugeng berharap dengan bertambahnya pelayanan Puskesmas dengan berbasis rawat inap ini bisa dimaksimalkan di daerah perbatasan. 

"Walaupun pelayanan kesehatan berada di perbatasan antara Kota Samarinda dan Kabupaten Kutai Kartanegara, tepatnya antara Bantuas dan Sangasanga. Warga Sangasanga pun boleh ikut serta dalam menikmati pelayanan Kesehatan berbasis rawat inap ini," tegasnya.

Plh Kepala Dinas Kesehatan Samarinda Ismed Kosasi menerangkan Puskesmas Bantuas adalah satu dari 26 Puskesmas yang berada di Samarinda yang kebetulan melayani rawat inap. 

"Sebetulnya kami tidak hanya melayani warga di wilayah Puskesmas Bantuas, tapi dikarenakan Puskesmas Bantuas ini berada di perbatasan juga dari Sangasanga, sehingga keberadaan CSR dari pertamina ini sangat bermanfaat," katanya.

Menurutnya dengan pelayanan rawat inap yang dilengkapi 3 tempat tidur sungguh sangat membantu pelayanan kesehatan secara maksimal di Bantuas ini. 

Ismed menambahkan Puskesmas Bantuas akan ikut dalam Akreditasi Pelayanan Kesehatan, tentunya dengan adanya gedung baru ini bisa mendapatkan poin untuk akreditasi puskesmas.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita gedung CSR Baru Puskesmas Kelurahan Bantuas, Kecamatan Palaran.(kmf15)

Penulis: Thohir --Editor: Doni

Sugeng Melayat ke Rumah Duka Mantan Lurah

Berita Sebelumnya

Ikuti Monev PPID, 49 OPD Diminta Tidak Slow Respon Data

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar