1686 Kali

SAMARINDA, KOMIINFONEWS- Pelaksanaan gladi bersih upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 Tahun 2022 tingkat Kota Samarinda, bertempat di Lapangan Gedung Olah Raga (GOR) Segiri, Senin (15/08/2022) berjalan lancar.

Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) yang menjadi pelaksanaka kegiatan tampaknya benar-benar melaksanakan tahapan-tahapan persiapan dengan optimal. Mulai dari pembentukan panitia, pemilihan petugas dan paskibraka, latihan, hingga persiapan menjelang hari-H yang tinggal satu hari lagi ini.

Rencananya upacara HUT RI tahun ini digelar dengan prosesi standar sebagaimana yang dilaksanakan di istana negara. Acara diikuti oleh perwakilan pegawai di lingkungan pemerintah kota Samarinda, Pelajar, Ormas, Pemadam Kebakaran, Satpol PP, serta TNI/Polri. Wali Kota Dr H Andi Harun akan menjadi Inspektur upacara. 

Adapun Komandan upacara tahun 2022 ini adalah  Mayor Polisi Militer Eko Zain Kusnanda dari satuan Lanud Dhomber Kalimantan Timur. Ia merupakan putera Pamekasan yang lahir pada 8 September 1982. Lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 2007 ini adalah Komandan Satuan Polisi Militer Lanud Dhomber.

Sementara itu yang menjadi komandan Paskibraka adalah Letnan Dua Infanteri Sudirman, kelahiran Sinjai 23 desember 1985. Lulusan Sekolah Perwira Angkatan Darat Tahun 2020 tersebut saat ini  bertugas di  Bataliyon Infanteri 611/ Awang Long sebagai Komandan Peleton Penembak Runduk Kompi Bantuan.

Kemudian yang bertindak sebagai Perwira Upacara adalah Mayor Infanteri Sugiono. Pria kelahiran Tuban 6 September 1965 ini berdinas di Komando Distrik Militer (Kodim) 0901/ Samarinda sebagai Perwira Seksi Operasi Kodim 0901. 


Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk Upacara HUT RI ke 77 Tingkat Kota Samarinda tanggal 17 Agustus 2022 nanti merupakan putera-puteri terbaik yang diambil dari para pelajar SMA kota Samarinda di bawah asuhan dan binaan Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Samarinda yang saat ini dipimpin oleh H Muslimin, SE, M. Si.

Berbeda waktu dengan upacara yang dilaksanakan di istana negara, upacara tingkat kota Samarinda ini akan dilaksanakan lebih pagi, diantaranya diisi dengan pembacaan naskah Proklamasi, mengheningkan cipta, pembacaan do'a, dan pengibaran Sang Saka Merah-Putih. Juga akan ada persembahan lagu-lagu nasional dan daerah yakni; Hari Merdeka, Merah Putih dan Balarut di Sungai Mahakam. 


Selanjutnya, setelah walikota menempati mimbar upacara akan dilantunkan pula Andika Bhayangkari. Seusai komandan upacara melaporkan kepada Inspektur Upacara bahwa upacara telah selesai dan dilakukan penghormatan kepada Inspektur Upacara, Inspektur upacarapun meninggalkan tempat upacara. 

Adapun peringatan detik-detik proklamasi sendiri akan diikuti oleh wali Kota dan Jajarannya setelah itu. Yakni dengan mengikuti upacara tingkat Provinsi bersama Gubernur kaltim di Stadion Kadrie Oening Sempaja Samarinda. (ASYA/KMF-SMR)


Wali Kota Samarinda Kukuhkan 40 Paskibraka Kota Samarinda

Berita Sebelumnya

Bentuk Tim Teknis Lewat Forum TPAKD, Pemkot Samarinda Bakal Kucurkan Kredit Usaha Bagi UKM Bunga Nol Persen

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar