187 Kali

SAMARINDA-Setelah melaksanakan apel pagi, moment rangkaian HUT Kota Samarinda dan Pemkot lanjut ke sidang paripurna DPRD Kota Samarinda, Kamis (21/1) siang.

 

Rapat kali ini berbeda dari tahun sebelumnya. Karena di masa pandemi, sidang dilakukan di dua tempat terpisah, antara gedung DPRD dan aula rumah jabatan wali kota dilakukan secara virtual.

 

Dalam pidatonya, pimpinan rapat dalam hal ini Wakil Ketua DPRD Samarinda, Subandi mengatakan momen HUT kota Samarinda yang memasuki usia ke 353 dan Pemkot ke 61, pihaknya mengajak semua kalangan untuk berkontribusi meningkatkan semangat kerjasama, bersama dalam membangun kota Samarinda.

 

Di mana kata dia sesuai tema kali ini “Samarinda maju dengan pembangunan dan prestasi berkelanjutan”.

 

Untuk itu, dalam mencapai pembangunan dengan prestasi yang berkelanjutan tadi, ia menaruh harapan agar semua pihak bisa terlibat dan berkontribusi mewujudkan pembangunan yang adil dan merata.

 

“Kita juga harus berbenah dengan menentukan langkah strategis dalam menciptkan sumber daya manusia yang berkualitas yang bisa dihandalkan untuk menentukan arah pembangunan kedepan” kata Subandi.

 

Tak lupa ia juga menyampaikan terima kasihnya kepada wali kota yang telah menuntaskan berbagai program kerjanya selama 10 tahun menjabat. Besar harapannya agar-agar program-program tadi bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

 

Terpisah, Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang dalam sambutannya menyampaikan salam perpisahannya kepada para peserta sidang paripurna siang itu. Ia menyampaikan permohonan maaf jika ada program kerja yang selama ia jalankan masih ada yang belum terealisasi.

 

“Tak lupa saya juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman dewan yang terus mendukung arah kebijakan pembangunan pemerintah hingga saat ini,”sebut Jaang.

 

Suami dari Puji Setyowati ini menambahkan memasuki tahun terakhir kepemimpinannya ada 9 agenda prioritas yang telah tercapai berdasarkan rumusan dari seluruh jajaran dilingkungan Pemkot Samarinda sampai dengan anggaran 2021.

 

Di antaranya sebut Jaang, optimalisasi pengendalian banjir dan pembangunan saluran drainase yang telah dianggarkan tahun ini sebesar Rp 117 Miliar lebih. Belum lagi sambung dia, di masa kepemimpinannya Pemkot berhasil memperoleh penghargaan tertinggi sebagai kota sehat tiga kali berturut-turut. Sedangkan penangan covid 19 menjadi program prioritas tahun 2021 dimana untuk upaya kesehatan masyarakat tadi pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp 125 Miliar lebih.

 

“Selain itu ada juga program pengentasan kemiskinan, di mana pemkot juga telah menganggarkan Rp 10,6 Miliar untuk mendorong pengembangan produk perdagangan daerah serta pariwisata dan ekonomi kreatif,” sebut wali kota.

 

Kendati di tengah permasalahan yang dihadapi, wali kota dua periode ini mangakui banyak juga keberhasilan, kemajuan dan prestasi yang telah dicapai Pemkot baik di tingkat provinsi dan Nasional.

 

Seperti Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diraih hingga 6 kali atas laporan keuangan pemerintah daerah dari BPK RI serta Bidang penyelenggaraan administrasi dan perlindungan anak untuk kategori kota. Cha/Kmf-smd

 

Pimpin Apel HUT Kota Di Akhir Jabatan, Jaang Sampaikan Pesan Dukung Pemimpin Selanjutnya

Berita Sebelumnya

Wali Kota Samarinda Lepas Bantuan Untuk Korban Bencana Banjir di Kalimantan Selatan

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar