129 Kali

SAMARINDA. Demi memudahkan penyimpanan dan mentransfer data, sehingga dapat diakses kapan dan dimana saja, Dinas Komunikasi Informatika Kota Samarinda melakukan inovasi baru. Salah satunya dengan membangun aplikasi  Sistem Informasi Penyelenggara Statistik Sektoral Universal Terintegrasi atau yang disebut dengan SiPessut.


Jumat (9/11) pagi aplikasi ini diperkenalkan kepada tim Badan Pusat Statistik (BPS) RI saat berkunjung ke Balaikota.  


Kepala Bidang  Statistik dan Persandian Diskominfo Samarinda Komarul Zaman, menuturkan aplikasi SiPessut merupakan bentuk pelaksanaan indikator Kinerja Kunci bidang urusan statistik dengan tersedianya sistem data dan statistik yang terintegrasi. “Sebenarnya aplikasi ini sederhana karena untuk mengintegrasikan aplikasi yang ada di Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkot Samarinda,” lontar Komarul.


Ia menjelaskan, di Samarinda sendiri hampir semua OPD telah memiliki aplikasi untuk menunjang sistem kerja kedinasan.


Seperti contoh, di Dinas Kesehatan yang saat ini memiliki  aplikasi SIKDA dan sudah terintegrasi dengan SiPessut, sehingga pihaknya sudah bisa mengakses data-data yang ada di Dinas Kesehatan Kota Samarinda.


”Lewat SiPessut kita sudah bisa membuka data-data berbagai penyakit yang ada di 59 Kelurahan, bahkan data ini akan terus update mengikuti aplikasi SIKDA yang dimiliki Dinas Kesehatan tadi,” urainya.
Komarul menambahkan, keberadaan aplikasi SiPessut kini terus dalam pengembangan dalam rangka mewujudkan single entry database dan manajemen satu data Indonesia. Mengingat keberadaannya nanti untuk menyelesaikan permasalahan collecting data perangkat daerah yang masih parsial.


Oleh itu untuk tahap pertama pengembangannya, lanjut dia setidaknya aplikasi SiPessut bisa menampilkan data kepegawaian, kependudukan secara real time yang terintegrasi  dengan SIMPEG milik kepegawaian dan SIAK milik Dinas Kependudukan serta terintegrasi dengan semua aplikasi database yang telah dikembangkan oleh OPD dilingkungan Pemkot.


“Sedangkan pengembangan untuk tahap kedua kami berharap SiPessut nantinya juga bisa terintegrasi dengan aplikasi database yang dimiliki Pemerintah Provinsi dan Pusat,’ harapnya.

 
Sementara, Kepala Seksi Rekomendasi Kegiatan Statistik BPS RI Triana Rahmaningsi memberikan apresiasi terhadap langkah inovasi baru yang telah dilakukan oleh Diskominfo Samarinda.


Ia mengatakan, di saat daerah lain masih bingung mau melakukan hal apa terkait teknologi penyempurnaan data statistik, tetapi Samarinda sudah maju lewat inovasi-inovasi tekhnologi yang luar biasa.


”Langkah ini perlu kita apresiasikan karena Diskominfo Samarinda tergolong baru, saya berharap lewat aplikasi SiPessut tadi setidaknya juga bisa diakses oleh warga umum,” pintanya.


Dalam kesempatan pagi itu, hadir Staff Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan drg Nina Endang Rahayu serta Kepala Bagian Ekonomi Ibrahim. (kmf4)


Penulis: Echa

“Lanjutkan Perjuangan Kami !”

Berita Sebelumnya

Hari Pahlawan, Heningkan Cipta Serentak 60 Detik. Warga Diminta Naikkan Bendera Satu Tiang Penuh.

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar