185 Kali

SAMARINDA. Pelayanan KB dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Bangga Kencana Kesehatan Kota Samarinda Tahun 2020 resmi ditutup Wakil Ketua PKK Provinsi Kalimantan Timur Erni Makmur dan dirangkai dengan penyerahan piagam penghargaan juga hadiah lomba PKK tingkat Provinsi Kalimantan Timur di Klinik Ramlah Parjib 3 Mugirejo, Senin (30/11/2020).

 

Pada kesempatan itu Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Kota Samarinda menyampaikan pesan Walikota Samarinda bahwa kesehatan merupakan bentuk intensifikasi peran PKK dalam program Keluarga Berencana Nasional dan Pembangunan Kesehatan.

 

 

“Tujuan dari kegiatan ini dalam rangka meningkatkan target capaian dari Program Keluarga Berencana dan Kesehatan melalui gerakan PKK yang massif dan berdaya,” ucap Tejo.

 

Tejo berharap kegiatan ini tidak sekedar memeriahkan sesaat, melainkan lebih memberikan makna terhadap karya yang dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Kota Samarinda.

 

Selanjutnya di tahun-tahun berikutnya kader PKK menurut Tejo harus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas kerja dalam keluarga dan masyarakat, sehingga mampu menjadi mitra terdepan Pemerintah dalam pelaksanaan program pembangunan khususnya dalam bidang kesejahteraan keluarga.

 

Ketua TP PKK Kota Samarinda Puji Setyowati Syaharie Jaang melaporkan kegiatan pelaksaan PKK KB KES merupakan tindak lanjut dari kegiatan nasional pada saat itu Sejuta Akseptor KB di Indonesia dan Samarinda telah menjalankannya pada bulan Juni tahun 2020 dan dilanjutkan kembali di 10 Kecamatan se-Kota Samarinda.

 

 

“Alhamdulillah dalam rangka kegiatan 10 tempat di PKK KB KES ini, ada hal yang baru di 3 Kecamatan, yaitu Kecamatan Samarinda Ilir, Kecamatan Sambutan dan Kecamatan Sungai Kunjang terdapat akseptor pria (MOP), ini sebuah kemajuan yang luar biasa, karena ternyata para lelaki telah memiliki kesadaran bagaimana turut serta mensukseskan perencanaan kelahiran di dalam keluarga,” ungkap Puji.

 

Dikatakan Puji di masa pandemi saat sekarang ini dirasakan ada kenaikan yang luar biasa pada angka kelahiran disebabkan Work From Home (WFH). Angka kelahiran cukup tinggi terlihat di Puskemas, rumah sakit, serta laporan dari Dinas Kesehatan. Oleh sebab itu, kemarin merupakan sebuah kegiatan dan komitmen dari seluruh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dan dukungan oleh Camat pihaknya menyelenggarakan kembali HKG KB KES dan tercatat akseptor baru berjumlah 359 orang dengan MOP 3 orang.

 

Sementara Erni Makmur mengatakan pemberian pemenang  hadiah lomba semestinya diserahkan ketika acara HKG Provinsi Kalimantan Timur di Balikpapan pada  April lalu akan tetapi karena Covid-19 melanda, maka HKG PKK Provinsi Kaltim ditiadakan untuk tahun 2020.