37 Kali

SAMARINDA. Antusiasme pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda mengikuti lomba turun berat badan (turban) yang diinisiasi Walikota Samarinda Syaharie Jaang begitu luar biasa.

Dibuka langsung oleh Walikota yang didampingi Sekretaris Daerah Sugeng Chairuddin di Gedung PKK Samarinda, Jumat (2/8) pagi.

Peserta pun komplit mencapai 197 orang dari pegawai honorer, staf PNS, pejabat eselon IV, III dan II pun ikut. Seperti Asisten III Ali Fitri Noor.

"Kegiatan ini adalah salah satu program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) yang terus gencar dilakukan Dinas Kesehatan. Hari ini lomba turun berat badan dengan tema "Hidup Sehat, Kerja Semangat dan Berkualitas", juga sesuai dengan program Germas," ungkap Jaang yang hadir bersama Ketua TP PKK Samarinda Puji Setyowati Jaang.

Jaang mengapresiasi peserta yang banyak. "Pernah kita lakukan lomba turun badan di lingkungan rumah jabatan. Ada pemenang, peserta turun beratnya. Tapi beberapa bulan naik lagi. Sebab itu kami laksanakan lebih besar di lingkungan Pemkot. Tergantung apa motivasi dari peserta, apa motivasi medali dan hadiah, atau sehat. Tapi tak apalah kalau motivasi hadiah, nanti dapat sehat juga," beber Jaang.

Menurut Jaang lomba dengan tujuan untuk kesehatan para stafnya ini, juga melihat Kaltim yang menjadi nomor 1 penderita stroke. Selain itu, dengan kegemukan juga bisa menyebabkan diabetes dan penyakit lainnya.

"Tapi ada juga yang stres bisa bikin gemuk. Dia stres, makan tambah kuat," imbuh Jaang.

Menurut Jaang, sesuai arahan tim kesehatan, dalam 3 bulan peserta minimal turun 10 kg. Setelah itu baru dicari pemenang, juara 1 sampai harapan 3 dengan dua kategori, laki-laki dan perempuan.

"Harapan kami, setelah lomba, berat badan terus dipertahankan. Jangan kembali gemuk lagi. Apalagi tim kesehatan sudah memberitahukan cara turun badan yang sehat dan pola hidup sehat," katanya.

Menurut Jaang bukan hanya menjaga makan, tapi olahraga juga penting, ditambah lagi istirahat yang cukup. Sementara Asisten III Ali Fitri Noor mengatakan hasil pemeriksaan tadi dirujuk untuk menurunkan 5 Kg.

"Beramai-ramaian aja kita sekaligus mencari sehat," tutur Ali yang hobby naik sepeda.(kmf2)

Penulis/Editor: Doni

Usai Pilpres, Kesbang Gelar Rakor Menatap Pilwali

Berita Sebelumnya

Pemberian ASI Minimal 6 Bulan

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar